Prasetyo, Nikko (2016) Pengembangan modul melakukan prosedur administrasi dengan menggunakan metode guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Nikko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nikko Prasetyo. 2015. Pengembangan Modul Melakukan Prosedur Administrsi dengan Metode Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M (2) Drs. Sarbini Kata kunci modul ajar melakukan prosedur administrasi guided inquiry hasil belajar Penelitian pengembangan ini didasari oleh bahan ajar yang digunakan selama ini belum dapat membantu siswa untuk lebih berpikir secara kritis. Kegiatan belajar siswa untuk melatih belajar secara mandiri menjadi kurang. Guru juga menjelaskan perlu ada bahan ajar yang disusun secara sistematis komunikatif dan menarik bagi siswa. Atas dasar penjelasan tersebut tampaknya diperlukan pengembangan bahan ajar berupa modul mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menghasilkan pengembangan modul Melakukan Prosedur Administrasi dengan menggunakan metode guided inquiry pada materi menata dokumen untuk siswa kelas X AP di SMK Negeri 2 Blitar. 2) Untuk mengetahui kelayakan modul dilihat dari aspek kelayakan isi bahan ajar kelayakan penyajian kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan dari hasil validasi oleh ahli materi ahli modul dan calon pennguna modul. 3) Untuk mengetahui efektifitas modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AP di SMK Negeri 2 Blitar. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Dick Carey tahun 2005 melalui 9 langkah penelitian. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul 1 orang guru mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi sebagai ahli materi pelajaran dan 12 siswa kelas X AP SMK Negeri 2 Blitar sebagai calon pengguna produk. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada ke 4 aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk katagori valid. Efektivitas produk diperoleh dari data bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari perbandingan rata-rata hasil belajar kelas yang tidak menggunakan modul 77 51 dan rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan modul 85 73. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Melakukan Prosedeur Administrasi untuk memanfaatkan modul ini dalam proses belajar mengajar atau sebagai alternatif penunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |