Pengembangan modul kearsipan berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi cara pemecahan masalah kearsipan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen) / Isnaini Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kearsipan berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi cara pemecahan masalah kearsipan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen) / Isnaini Rosyidah

Rosyidah, Isnaini (2016) Pengembangan modul kearsipan berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi cara pemecahan masalah kearsipan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen) / Isnaini Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Isnaini. 2015. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cara Pemecahan Masalah Kearsipan (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci pengembangan modul problem based learning cara pemecahan masalah kearsipan hasil belajar Penelitian pengembangan ini didasari oleh kurangnya bahan ajar mata pelajaran Kearsipan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa juga masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya bahan ajar yang disusun secara sistematis komunikatif dan menarik bagi siswa. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan model Problem Based Learningdiharapkan dapat membuat siswa belajar mandiri sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuannya dan dapat membangun sikap aktif kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul kearsipan berbasis problem based learning pada materi cara pemecahan masalah kearsipan untuk siswa SMK/MAK kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan3) mengetahui efektivitas modul melalui peningkatan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan modul adalah model 4-D melalui empat langkah pengembangan yaitu pendefinisian (Define) perancangan (Design) pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manejemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Kearsipan SMK PGRI Turen sebagai validator ahli materi dan enam siswa kelas X SMK PGRI Turen sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan pada materi cara pemecahan masalah kearsipan dengan menggunakan model problem based learning. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini adalah 1) mengidentifikasi cara pemecahan masalah kearsipan dan 2) mendiskusikan secara kelompok tentang cara pemecahan masalah kearsipan. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi lima aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa (4) aspek kelayakan kegrafikaan (5) aspek keefektifan penggunaan modul. Berdasarkan penilaian pada kelima aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori sangat valid dengan hasil persentase rata-rata uji validasi 87 6%. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan ditinjau dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas sesudah dengan sebelum menggunakan modul yaitu 76 74 dengan 65 91 melalui uji t program SPSS. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Kearsipan disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis Problem Based Learning ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran Kearsipan pada materi cara pemecahan masalah kearsipan 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item View Item