Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurusan surat masuk dan keluar (studi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen) / Abrori Arhab

Arhab, Abrori (2016) Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurusan surat masuk dan keluar (studi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen) / Abrori Arhab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arhab, Abrori. 2015. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Prosedur Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar (Studi pada Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas X di SMK PGRI Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M (2) Drs. Mohammad Arief, M.Si Kata kunci: Pengembangan Modul, guided inquiry, Prosedur Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar, dan Hasil Belajar Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar Mata Pelajaran Kearsipan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Kearsipan masih terbatas, serta sumber yang digunakan dalam pembelajaran masih belum lengkap, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga masih rendah. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan metode guided inquiry diharapkan dapat membuat siswa aktif dalam diskusi kelompok, berfikir kritis, serta dapat memecahkan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul pembelajaran Kearsipan berbasis guided inquiry pada materi Prosedur Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar siswa Kelas X SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran, 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. 3) mengetahui keefektifitasan modul. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model 4-D Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I, terdiri dari empat tahap yaitu mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), dan menyebarkan (dessiminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen Universitas Negeri Malang sebgai ahli modul pembelajaran, 1 orang guru mata pelajaran kearsipan SMK PGRI Turen sebgai validator ahli materi, dan beberapa orang siswa kelas X SMK PGRI Turen sebagai Validator User. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan pada materi Prosedur Pengurusan Surat Masuk dan Surat Keluar. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek, yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa, dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori layak digunakan dengan hasil persentase rata-rata uji validasi dari keempat aspek tersebut 76%. Hasil rata- rata nilai siswa sebelum menggunakan modul pembelajaran sebesar 76,8 diperoleh dari jumlah nilai keseluruhan ulangan harian pada kelas X APK dibagi dengan jumlah siswa. Rata- rata nilai siswa setelah belajar menggunakan modul pembelajaran mengalami kenaikan menjadi 81,6 dengan presentase kenaikan 6%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Pemanfaatan bagi siswa agar menggunakan modul ini karena dalam modul sudah menerapkan strategi pembelajaran guided inquiry. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk sikap mandiri siswa ketika belajar, juga membantu proses berpikir siswa untuk lebih berkembang dan berpikir kritis. (2) Saran pemanfaatan bagi guru sebaiknya modul ini digunakan dalam pembelajaran karena sangat membantu untuk menuntun siswa menemukan sendiri bagaimana prosedur penanganan surat masuk dan surat keluar. Selain itu guru tidak lagi harus menjelaskan atau mencatatkan materi, guru berperan sebagai fasilitator yang memandu siswa dalam merumuskan konsep sekaligus sebagai pihak yang akan dijadikan tempat bertanya oleh siswa jika terdapat kesulitan. (3) Saran Peneliti Lebih Lanjut sebaiknya dalam mengembangkan modul bahasa yang digunakan dalam modul harus menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh siswa, serta tampilan atau kegrafikaan yang lebih menarik agar siswa lebih tertarik untuk mempelajarinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29026

Actions (login required)

View Item View Item