Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada matra pelajaran Korespondensi kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Puji Lukito Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada matra pelajaran Korespondensi kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Puji Lukito Hadi

Hadi, Puji Lukito (2016) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada matra pelajaran Korespondensi kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Puji Lukito Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadi Puji Lukito. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah3Singosari). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si(2) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata kunci Talking Stick Hasil Belajar Korespondensi Kegiatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru atauteacher centered kurang sesuai dengan tujuan kurikulum pendidikan yang mengorientasikan siswa pada prosesbelajar di kelas. Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar menyenangkan untuk siswa. Melalui Talking Stick siswa diharapkan mampu lebih aktif dalam kegiatan belajar dengan mengkaji teori pembelajaran secara berkelompok. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang memiliki tingkat belajar rendah dan perlu untuk diberikan perlakuan. Penerapan model Talking Stick dalam penelitian ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi.Aspek kognitif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 23 7%.Persentaseketuntasan posttest I mencapai 60 5% dan pada post test II persentase ketuntasan mencapai 84 2%.Hal ini didukung dengan peningkatan aspek afektif dari siklus I dengan persentase sebesar67 7% ke siklus II yang menunjukkan persentase nilai aspek afektif mencapai 75 45%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penerapanmodel pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah3Singosariberjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang dilaksanakan dalam dua siklus (2) penerapan modelpembelajaran Talking Stickdi kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosaripada mata pelajaran Korespondensi dapat meningkatkanhasil belajar siswa. Untuk penerapan model pembelajaran Talking Stick lebih lanjut peneliti menyarankan (1) sebaiknya guru menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang sesuai dengan materi salah satunya adalah model pembelajaran Talking Stick karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa (2)kepada siswa juga disarankan untuk lebih berani dalam mengemukakan pendapat dan bertanya bila ada materi yang belum dimengerti agar komunikasi di dalam kelas dapat berlangsung dengan lancar (3) peneliti selanjutnya diharapkan dalam model pembelajaran kooperatif harus lebih memperhatikan heterogenitas dalam melakukan pembentukan kelompok serta melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Talking Stick.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29024

Actions (login required)

View Item View Item