Fatmawati (2016) Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fatmawati 2015. Pengaruh Fasillitas Dan Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kearsipan Studi Pada Kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Suharto SM M.Pd. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Fasilitas Belajar Lingkungan Belajar di Sekolah Hasil Belajar Dunia pendidikan yang semakin berkembang seiring dengan ilmu pengetahuan ternyata menuntut semua individu di dunia untuk berkembang termasuk pendidik dan peserta didik. Fasilitas dan lingkungan belajar di sekolah merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan karena ketersediaan fasilitas belajar yang lengkap dapat menunjang efektivitas hasil belajar. Sedangkan lingkungan sekolah merupakan tempat yang dapat memberikan perubahan bagi kehidupan siswa karena lingkungan sekolah mengajarkan siswa untuk belajar berbicara berfikir dan bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh fasilitas belajar secara parsial terhadap hasil belajar. (2) Pengaruh lingkungan belajar di sekolah secara parsial terhadap hasil belajar. (4) Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar di sekolah secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X APK SMK Negeri Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Variabel bebas penelitian ini adalah fasilitas belajar (X1) dan lingkungan belajar di sekolah (X2) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 71 siswa. Jenis datanya adalah data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Untuk uji kelayakan instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas yang diolah melalui program SPSS 20 for windows. Penelitian ini menggunakan beberapa model asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji multikolinearitas dan (3) Uji heteroskedastisitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar (2) Lingkungan belajar di sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar (3) Fasilitas dan lingkungan belajar di sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah diharapkan dapat meningkatkan fasilitas belajar dan mempertahankan pelayanan lingkungan belajar di sekolah (2) Bagi peneliti berikutnya diharapkan lebih teliti dan fokus dalam membuat indikator dan diharapkan kedepan ada peneliti yang tertarik untuk menambah indikator fasilitas belajar sebagai penyempurnaan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |