Pengaruh gaya, motivasi, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Salman Alfarisi

Alfarisi, Salman (2016) Pengaruh gaya, motivasi, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Salman Alfarisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfarisi, S. 2015. Pengaruh Gaya, Motivasi, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas X APK SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Gatot Isnani, M. Si., (II) Elfia Nora, S.E., M.Si. Kata Kunci: gaya belajar, motivasi belajar, fasilitas belajar, hasil belajar Pendidikan yang menjadi kunci perkembangan suatu bangsa tidak hanya bertumpu pada hal-hal yang bersifat sistem atau institusional karena pendidikan yang sebenarnya merupakan interaksi belajar mengajar yang melibatkan peserta didik dan pendidik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan individu peserta didik yang mandiri, dewasa, dan utuh. Pendidikan menengah kejuruan atau SMK sebagai bagian dari sistem pendidikan di Indonesia, yang mana pendidikan kejuruan ini diproyeksikan sebagai pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dengan spesialisasi khusus. Setiap peserta didik memiliki perbedaan dalam menyerap atau mengolah informasi. Perbedaan dalam menyerap dan mengolah informasi dikenal dengan gaya belajar atau modalitas belajar. Ada tiga jenis gaya belajar seseorang yaitu visual, auditorial dan kinestetis. Disamping masalah gaya belajar, seringkali kondisi motivasi dan keberadaan fasilitas belajar menjadi faktor yang juga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi gaya belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar; (2) Deskripsi hasil belajar siswa; (3) Pengaruh gaya, motivasi, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Turen; (4) Pengaruh dominan gaya belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Turen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah gaya belajar (X1), motivasi belajar (X2), dan fasilitas belajar (X3) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 108 siswa dengan sampel 84 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan proportional random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa: (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas, terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas. terlihat pada gambar grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresi tidak terjadi multikolinearitas. Jadi, model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Gaya belajar yang dominan dimiliki siswa adalah gaya belajar visual, kemudian gaya belajar auditorial, dan yang terakhir adalah gaya belajar kinestetis; (2) Motivasi belajar pada siswa dapat diklasifikasikan tinggi; (3) Fasilitas belajar pada siswa dapat diklasifikasikan memadai; (4) Hasil belajar siswa termasuk dalam klasifikasi baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif; (4) Variabel fasilitas belajar mempunyai pengaruh yang dominan yaitu sebesar 13,15%. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Bagi SMK Negeri 1 Turen melalui kepala sekolah harus mempertahankan serta meningkatkan fasilitas belajar secara optimal; (2) Bagi guru SMK Negeri 1 Turen hendaknya lebih dekat dengan siswa; (3) Bagi peneliti yang tertarik melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari gaya, motivasi, dan fasilitas belajar seperti lingkungan keluarga, bakat, kesehatan, intelegensi dan efikasi diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29022

Actions (login required)

View Item View Item