Oktavia, Desi Luhtfi (2015) Penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK kompetensi dasar memilih alat yang sesuai di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Desi Luhtfi Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Oktavia Desi Luthfi. 2015 Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview Questions Read Reflect Recite Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X APK Kompetensi Dasar Memilih Alat yang Sesuai di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi Kusumojanto M.Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci Metode Pembelajaran PQ4R (Preview Questions Read Reflect Recite Review) Hasil Belajar dan Memilih Alat yang Sesuai Metode PQ4R (Preview Questions Read Reflect Recite Review) merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan budaya membaca dan meningkatkan kesadaran siswa untuk gemar membaca. Metode pembelajaran PQ4R dapat membantu siswa dalam mengingat dan memahami tentang apa yang telah dibaca oleh siswa sehingga informasi yang didapat siswa menjadi lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanakan tindakan dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK yang berjumlah 39 siswa 2 siswa lali-laki dan 37 siswa perempuan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes formatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Reduksi Data Penyajian Data dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif dapat dilihat dari perbandingan nilai awal dan tes evaluasi. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari persentase keberhasilan siswa yaitu 23% (nilai awal) menjadi 49% (tes evaluasi siklus I) sedangkan pada siklus II persentase keberhasilan siswa menjadi 85% (tes evaluasi siklus II). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan metode pembelajaran PQ4R pada mata pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen Kompetensi Dasar Memilih Alat yang Sesuai berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang dilaksanakan dalam dua siklus (2) Penerapan metode pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Memilih Alat yang Sesuai. Hal ini dapat dibuktikan dari meningkatnya persentase keberhasilan hasil belajar ranah kognitif. Pada siklus I siswa yang nilainya memenuhi KKM meningkat dari 9 siswa menjadi 19 siswa peningkatan persentase keberhasilan siswa 23% (nilai awal) menjadi 49% (tes evaluasi) sedangkan padasiklus II siswa yang nilainya memenuhi KKM meningkat dari 19 siswa menjadi 33 siswa persentase keberhasilan siswa 49% (tes evaluasi siklus I) menjadi 85% (tes evaluasi siklus II). Saran yang bisa digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagi Kepala Sekolah disarankan agar mempertimbangkan metode pembelajaran ini untuk digunakan sebagai metode pengajaran di sekolah khususnya pada Mata Pelajaran yang bersifat kognitif. (2) Bagi guru Mata Pelajaran Menangani Penggandaan dokumen disarankan agar guru dapat mempertimbangkan penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview Questions Read Reflect Recite Review) sebagai salah satu cara menyampaikan pelajaran dan dalam melaksanakan metode pembelajaran ini guru disarankan dapat menyusun hand out yang memuat informasi selengkap mungkin. (3) Bagi siswa Kelas X APK disarankan agar lebih termotivasi lagi untuk gemar membaca buku pelajaran buku yang berisi pengetahuan agar dapat memperluas wawasan mereka dan lebih berani mengemukakan pendapat atau bertanya kepada guru pada saat pembelajaran berlangsung dan (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran PQ4R (Preview Questions Read Reflect Recite Review) pada mata pelajaran yang karakteristik materinya bersifat kognitif serta lebih menyempurnakan penelitian ini bila dianggap perlu. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |