Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen (studi pada siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Ariedita Dian Shintadella - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen (studi pada siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Ariedita Dian Shintadella

Shintadella, Ariedita Dian (2015) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen (studi pada siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Ariedita Dian Shintadella. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shintadella Ariedita Dian 2015. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen (Studi Pada Kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs I Nyoman Suputra M.Si. (2) Dr. Wening Patmi R. S.Pd M.M. Kata Kunci demonstrasi hasil belajar menangani penggandaan dokumen Metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran. Salah satu keunggulan dari metode ini adalah membuat peserta didik untuk mengetahui langkah-langkah yang ada pada materi pembelajaran secara nyata dengan alat dan bahan yang ada. Metode ini membantu siswa memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda. Metode ini sangat cocok diterapkan di kelas siswa dituntut untuk dapat melakukan praktek secara langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK yang berjumlah 42 siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dokumentasi tes wawancara catatan lapangan dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif dapat dilihat dari pra siklus dengan tes siklus I. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari persentase keberhasilan siswa yaitu 36% (pra siklus) menjadi 73% (tes siklus I) sedangkan pada siklus II persentase keberhasilan siswa yaitu 73% (tes siklus I) menjadi 100% (tes siklus II). Hasil belajar ranah psikomotor terjadi peningkatan dari rata-rata pada siklus I 75 dengan ketuntasan belajar 68% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 84 dengan ketuntasan belajar 89%. Jadi peningkatan hasil belajar siswa ranah psikomotor meningkat 21%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen di kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen berjalan dengan baik dan sesuai dengan RPP. Siswa menjadi lebih memahami materi yang disampaikan dan siswa menjadi lebih aktif saat mengikuti pembelajaran (2) penerapan metode demonstrasi meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase keberhasilan hasil belajar dari siklus I 73% menjadi 100% pada siklus II (3) respon siswa terhadap metode demonstrasi sangat positif siswa dominan memberi penilaian skala SS dan SS pada tiap item dalam angket. Saran dari penelitian ini adalah (1) Bagi Guru Mata Pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dianjurkan untuk menerapkan metode demostrasi karena dapat meningkatkan hasil belajar. Guru dianjurkan untuk meminta seluruh siswa membawa alat dan bahan sendiri yang harganya tidak relatif mahal tujuannya agar siswa secara individu dapat mendemonstrasikan materi yang disampaikan (2) Bagi siswa hendaknya lebih berkonsentrasi dan berani bertanya jika masih kurang paham tentang materi yang di ajarkan karena siswa diharapkan dapat mendemonstrasikan ulang sesuai yang dicontohkan oleh guru dan (3) Diharapkan peneliti selanjutnya memadukan metode demonstrasi dengan metode lainya agar hasil belajar siswa dapat lebih meningkat. Peneliti juga diharapkan dapat menerapkan metode demonstrasi dengan karakteristik materi yang tepat karena metode demonstrasi lebih kepada praktek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29017

Actions (login required)

View Item View Item