Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui kebiasaan belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK dalam mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Bahrul Ulum Falahul Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui kebiasaan belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK dalam mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Bahrul Ulum Falahul Putra

Putra, Bahrul Ulum Falahul (2015) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui kebiasaan belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK dalam mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Bahrul Ulum Falahul Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Bahrul Ulum Falahul. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian APK dalam Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Wasiti S.Sos M.Si (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Motivasi Belajar Hasil Belajar dan Kebiasaan Belajar Siswa. Motivasi belajar dan kebiasaan belajar merupakan dua hal dari beberapa faktor utama yang dapat mempengaruhi hasil belajar pada siswa. Apabila siswa memiliki motivasi yang tinggi maka akan meningkatkan hasil belajar. Begitu juga dengan kebiasaan belajar apabila siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik dan benar maka untuk mencapai hasil yang baik pun akan mudah. Namun sebaliknya jika siswa memiliki motivasi rendah dan kebiasaan belajar kurang baik maka hasil yang dicapai pun akan rendah atau kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui kebiasaan belajar siswa studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK dalam mata pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan sebanyak 71 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif analisis jalur uji asumsi klasik dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar siswa dengan nilai 946 1sebesar 0.995 (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai 946 2 sebesar 1.727 (3) Kebiasaan belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai 946 3 sebesar -0.782 dan (4) Motivasi belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kebiasaan belajar siswa kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan dengan nilai pengaruh tidak langsung sebesar -0.778. Saran penelitian ini adalah peran guru disini diharapkan dapat menjadi motivator bagi siswanya sehingga siswa pada kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi termotivasi untuk antusias mengikuti pelajaran sehingga menciptakan kebiasaan belajar yang lebih baik lagi dan pada akhirnya tujuan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29016

Actions (login required)

View Item View Item