Amalia, Catur Rizki (2015) Pengembangan media pembelajaran e-module berbasis Adobe Flash CS3 untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Probolinggo) / Catur Rizki Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amalia Catur Rizki. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran E-module Berbasis Adobe Flash CS3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Probolinggo). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. (2) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci media pembelajaran e-module adobe flash hasil belajar Pembelajaran berbasis teknologi saat ini mulai berkembang di dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi dalam dunia pendidikan dapat di implementasikan dalam bentuk media pembelajaran misalnya e-module. E-module merupakan modul elektronik yang dimodifikasi dari modul cetak yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan komputer ini dikenal dengan model pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction). Di SMK Negeri 1 Probolinggo belum memanfaatkan perkembangan teknologi dalam bentuk media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Pengembangan media pembelajaran e-module berbasis Adobe Flash bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran e-module berbasis Adobe Flash dan (2) melihat keefektivan pengguanaan media pembelajaran e-module untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Pengembangan media pembelajaran e-module ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (Sugiyono 2010 407). Penelitian menggunakan 8 langkah karena disesuaikan dengan kondisi lapangan keterbatasan waktu dan biaya. Adapun langakah-langkah yang digunakan yaitu (1) identifikasi potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi materi sebesar 95 83% media sebesar 81 25% dan uji coba produk sebesar 84 21 %. Hasil perolehan tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran e-module yang dibuat layak dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran. (2) media pembelajaran e-module yang dibuat dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini diketahui dengan melihat nilai rata-rata hasil posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 75 50 dan kelas kontrol sebesar 67 76. Saran untuk pengembangan media pembelajaran e-module berbasis Adobe Flash selanjutnya agar media pembelajaran e-module ini lebih flexible digunakan tidak hanya digunakan menggunakan komputer saja tetapi dapat digunakan dengan menggunakan tablet atau smartphone. Selain itu juga agar media pembelajaran e-module ini dikembangkan pada mata pelajaran Administrasi Perkantoran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |