Internalisasi pendidikan karakter melalui pembelajaran administrasi perkantoran pada mata pelajaran korespondensi di SMK Negeri 1 Malang / Renny Putri Kusumaningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi pendidikan karakter melalui pembelajaran administrasi perkantoran pada mata pelajaran korespondensi di SMK Negeri 1 Malang / Renny Putri Kusumaningtiyas

Kusumaningtiyas, Renny Putri (2015) Internalisasi pendidikan karakter melalui pembelajaran administrasi perkantoran pada mata pelajaran korespondensi di SMK Negeri 1 Malang / Renny Putri Kusumaningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningtiyas Renny P. 2015. Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Administrasi Perkantoran pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H Heri Pratikto M.Si (II) Dr. Ludiwisnu Wardana ST. SE. S.Pd M.M Kata Kunci Internalisasi pendidikan karakter pembelajaran administrasi perkantoran mata pelajaran korespondensi Pendidikan karakter menjadi solusi terhadap kemerosotan moral dan karakter bangsa. Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan karakter di sekolah. Internalisasi pendidikan karakter yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai karakter yang sesuai untuk siswa SMK jurusan Administrasi Perkantoran pada pelajaran korespondensi. Guru menanamkan nilai-nilai yang sesuai sehingga tercermin pada sikap yang dimiliki siswa Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif bermaksud untuk menggambarkan keadaan di lapangan mengenai penerapan internalisasi pendidikan karakter. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Malang dengan narasumber kepala program keahlian administrasi perkantoran guru mata pelajaran korespondensi dan siswa kelas X APK 4. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi kecukupan bahan referensi dan pengecekan anggota. Analisis menggunakan analisis data deskriptif. Temuan penelitian adalah kondisi karakter siswa kelas X APK 4 sudah baik atau sudah berkarakter. Beberapa nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran korespondensi adalah religius jujur mandiri kreatif disiplin bersahabat/ komunikatif gemar membaca dan tanggung jawab. Dalam proses internalisasi pendidikan karakter baik dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi saling berkaitan. Dalam perencanaan disusun kegiatan yang sesuai nilai karakter pelajaran korespondensi. Pada pelaksanaan dilakukan transaksi tranformasi dan transinternalisasi nilai. Evaluasi mengukur keberhasilan pendidikan karakter guru tidak memungkinkan mengevaluasi tiap kali pertemuan. Tantangan yaitu karakteristik dan latar belakang siswa yang berbeda-beda. Pendidikan karakter disekolah tidak dapat sepenuhnya merubah karakter masing-masing siswa. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan karakter siswa kelas X APK 4 sudah baik hanya beberapa saja yang menyimpang. Proses internalisasi pendidikan karakter dilakukan guru melalui perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Tantangan tersebut yaitu karakteristik dan latar belakang siswa yang berbeda dan masih ada beberapa siswa yang berperilaku menyimpang. Saran peneliti meski pendidikan karakter di sekolah tidak sepenuhnya merubah karakter masing-masing siswa guru sebaiknya selalu mengingatkan dan memberikan teladan baik. Jika guru dapat menjadi panutan yang baik maka keberhasilan pendidikan karakter pada siswa akan lebih baik lagi. Kegiatan belajar tugas dan pembuatan jurnal harian siswa harus selalu dipantau oleh guru. Guru sebaiknya dapat lebih mengorganisir tiap tahap kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29014

Actions (login required)

View Item View Item