Peran pemuda dalam pelestarian upacara adat larung sesaji di kelurahan sarangan, kecamatan plaosan, kabupaten magetan / Dicky Ma\'rifatulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pemuda dalam pelestarian upacara adat larung sesaji di kelurahan sarangan, kecamatan plaosan, kabupaten magetan / Dicky Ma\'rifatulloh

Ma'rifatulloh, Dicky Ma'rifatulloh (2023) Peran pemuda dalam pelestarian upacara adat larung sesaji di kelurahan sarangan, kecamatan plaosan, kabupaten magetan / Dicky Ma\'rifatulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan keaktifan pemuda Sarangan dalam pelestarian upacara adat larung sesaji di Kelurahan Sarangan menjelaskan peran pemuda Sarangan dalam pelestarian upacara adat larung sesaji dan mendeskripsikan alasan pemuda dalam melestarikan upacara adat larung sesaji di Kelurahan Sarangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data penelitian diperoleh dari kegiatan wawancara observasi di lapangan dalam kegiatan secara langsung dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles amp Huberman yang terdiri dari reduksi data penyampaian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pemuda sarangan aktif dalam melestarikan upacara larung sesaji dipengaruhi oleh fasilitas yang memadai dan kebijakan ketua pelaksana yang memberi tempat lebih untuk pemuda sebagai panitia dalam kegiatan acara larung sesaji 2) Peran pemuda Sarangan dalam melestarikan upacara adat larung sesaji tidak hanya sebagai panitia tetapi sebagai penggiat seni kegiatan upacara dan sebagai penyedia jasa transportasi pada kegiatan larung seesaji berlangsung 3) Alasan pemuda Sarangan aktif dalam melestarikan upacara adat larung sesaji terdapat 3 faktor yaitu faktor ekonomi faktor budaya dan faktor pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290124

Actions (login required)

View Item View Item