Pengaruh konsep diri, motivasi berprestasi, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi (Studi pada kelas X Administasi Perkantoran SMKN 2 Blitar) / Mustika Kencana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konsep diri, motivasi berprestasi, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi (Studi pada kelas X Administasi Perkantoran SMKN 2 Blitar) / Mustika Kencana Sari

Sari, Mustika Kencana (2015) Pengaruh konsep diri, motivasi berprestasi, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi (Studi pada kelas X Administasi Perkantoran SMKN 2 Blitar) / Mustika Kencana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari M. K. 2015. Pengaruh Konsep Diri Motivasi Berprestasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M. (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Konsep Diri Motivasi Berprestasi Disiplin Belajar Hasil Belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa bisa dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor yang berasal dari dalam diri sendiri dan yang berasal dari luar. Setiap orang mempunyai faktor yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini ada tiga faktor yang diuji dan diduga mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu konsep diri motivasi berprestasi dan disiplin belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri motivasi berprestasi disiplin belajar dan hasil belajar siswa dan menguji pengaruh parsial maupun simultan antara konsep diri motivasi berprestasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar dengan jumlah 121 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sebesar 93 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner untuk memperoleh data konsep diri motivasi berprestasi dan disiplin belajar. Metode dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri terhadap hasil belajar siswa. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara konsep diri motivasi berprestasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Agar siswa memiliki prestasi belajar yang baik sebaiknya siswa lebih bisa percaya diri sehingga bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selalu berpikir positif agar lebih termotivasi untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Bagi pihak sekolah juga diharap memberikan dukungan kepada siswanya untuk lebih giat belajar dan mematuhi aturan disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29012

Actions (login required)

View Item View Item