Syariifah, Asparani Ammar (2023) Penggunaan kuis berbasis wordwall dalam pembelajaran PPKN untuk meningkatkan partisipasi belajar (studi pada siswa SMP Negeri 1 Ngasem) / Asparani Ammar Syariifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan kegiatan pengamatan penyampaian materi PPKn hanya berdasar pada penjelasan guru sehingga menyebabkan partisipasi belajar menurun karena rasa bosan dan jenuh pada siswa. Tujuan kajian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran PPKn yang menggunakan kuis berbasis wordwall dan implikasi penggunaan kuis berbasis wordwall terhadap tingkat partisipasi belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Ngasem. Metode kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Ngasem. Sumber data melalui kegiatan wawancara dengan kepala sekolah guru PPKn siswa kelas 8. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Instrumen kajian ini adalah pedoman wawancara dan observasi. Analisis dilakukan melalui proses reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Hasil yang ditemukan adalah 1. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan kuis berbasis wordwall pada siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Ngasem. 2. Terdapat perkembangan belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan kuis berbasis wordwall perkembangan itu adalah meningkatnya minat dan partisipasi untuk berdiskusi bertanya menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Saran dalam kajian ini adalah penggunaan kuis berbasis wordwall apabila diterapkan pada saat pelaksanaan pembelajaran PPKn dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/290113 |
Actions (login required)
View Item |