Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Reni Arselah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Reni Arselah

Arselah, Reni (2015) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Reni Arselah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arselah Reni. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M. Si (II) Lohana Juariyah S.E. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran NHT hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi di kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang serta wawancara yang peneliti lakukan dengan guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran ditemukan beberapa masalah yakni 1) siswa cenderung pasif dan kurang aktif pada saat guru menjelaskan secara ceramah 2) saat diskusi dan presentasi siswa hanya bergantung pada perseorangan. Beberapa masalah yang timbul karena keaktifan siswa yang masih rendah dan berdampak pada hasil belajar siswa. Proses pemecahan masalah tersebut perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Alternatif cara yang dipilih peneliti untuk mengatasi permasalahan ialah dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi yang terdiri dari 2 siklus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah tindakan berlangsung. Pada hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan mempunyai rata rata 75 4% meningkat menjadi 80 3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang diberikan oleh peneliti antara lain (1) Bagi guru dianjurkan menerapkan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi kepala sekolah hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan dalam upaya perbaikan penerapan strategi pembelajaran (3) Bagi siswa hendaknya meningkatkan kreativitas mereka untuk lebih maju dengan cara terus belajar berfikir kritis dan mau mengungkapkan pendapat sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan perbaikan pada kekurangan yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai salah satu upaya peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29010

Actions (login required)

View Item View Item