Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian APK pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Walisongo Gempol) / Melani Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian APK pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Walisongo Gempol) / Melani Rahmawati

Rahmawati, Melani (2015) Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian APK pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Walisongo Gempol) / Melani Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Melani Rahmawati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran LearningCycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M (II) Drs. Mohammad Arief M.Si Kata kunci LearningCycle Motivasi HasilBelajar. Kualitas pendidikan tidak terlepas dari peran seorang guru dalam proses pembelajaran terutama dalam pemilihan model pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru di SMK Walisongo 1 Gempol selama ini menggunakan ceramah merangkum dan memberikan tugas. Menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya ujicoba dengan penerapan model pembelajaran LearningCycle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan dilakukan melalui dua siklus tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 2 SMK Walisongo 1 Gempol yang berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara catatan lapangan angket tes dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model LearningCycle dilaksanakan dengan baik. Hasil motivasi belajar rata-rata yang diperoleh dari lembar pengamatan siklus I dan siklus II diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI APK 2 meningkat dari 74 55% pada siklus I menjadi 80 89% pada siklus II sesuai dengan tabel 4.2 taraf keberhasilan tindakan termasuk dalam kategori baik. Untuk aspek kognitif pada siklus I dan siklus II sebesar 85 00% pada siklus I meningkat menjadi 92 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan pembelajaran LearningCycle mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa 2) Hambatan yang dialami selama penerapan model Learning Cycle dapat diatasi dengan adanya solusi yang salah satunya memberikan motivasi agar siswa lebih aktif dalam diskusi dan berani mengemukakan pendapat. Saran yang dapat peneliti berikan adalah bagi peneliti berikutnya diharapkan apabila menggunakan model pembelajaran LearningCycle ini sebelum pembelajaran dimulai siswa seharusnya diberikan pengetahuan terlebih dahulu bagaimana cara memberikan pendapat pada artikel atau materi pembelajaran kelompok agar siswa tidak merasa kebingungan untuk memberikan pendapat dalam pembelajaran LearningCycle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29009

Actions (login required)

View Item View Item