Penerapan model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar pada kompetensi kejuruan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) (studi pada siswa kela - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar pada kompetensi kejuruan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) (studi pada siswa kela

Syakurohmah, Eni (2015) Penerapan model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar pada kompetensi kejuruan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) (studi pada siswa kela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syakurohmah Eni. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar pada Kompetensi Kejuruan Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) (Studi pada Siswa Kelas X APK 3 SMK Negeri 2 Blitar Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) Kemandirian Belajar Prestasi Belajar Pendidik yang professional adalah pendidik yang dapat menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dan membantu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Kontekstual Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT). Model pembelajaran ini mengajak siswa untuk menemukan sendiri konsep dasar dari materi yang akan dipelajari. Dalam pelaksanaan penelitian ini terdapat beberapa karakter yang menjadi perhatian yaitu kemandirian tanggung jawab keaktifan dan kesungguhan atau semangat. Meningkatnya kemandirian belajar siswa ditandai dengan indikator insiatif belajar memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan dan mudah diakses dan memilih strategi belajar yang tepat. Dengan peningkatan kemandirian belajar siswa ini juga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 3 di SMK Negeri 2 Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis yang dilaksanakan di akhir siklus nilai dari guru pedoman wawancara lembar observasi lembar angket catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemandirian siswa pada siklus I 66% menjadi 81% pada siklus II dengan kategori tinggi. Pada hasil belajar aspek kognitif dari hasil UTS sebesar 10% meningkat menjadi 25% pada siklus I dan mengalami kenaikan sebesar 35% menjadi 60% pada siklus II. Pada hasil belajar aspek afektif dari siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Kemudian pada hasil belajar aspek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29007

Actions (login required)

View Item View Item