Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI APK 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto / Ineke Deno Wahyuningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI APK 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto / Ineke Deno Wahyuningtias

Wahyunintias, Ineke Deno (2015) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI APK 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto / Ineke Deno Wahyuningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wahyuningtias Ineke Deno 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Humas Dan Keprotokolan Kelas XI APK 2 Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMgt MBuS (2) Drs. Sarbini. Kata Kunci PBL (Problem-Based Learning) hasil belajar. Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan ceramah dan belum pernah menggunakan model pembelajaran apapun dalam penyampaian materinya. Kebanyakan para siswa hanya akan mampu berkonsentrasi kurang lebih selama satu jam pelajaran (45 menit) setelah itu para siswa akan mulai bosan dengan proses pembelajaran yang monoton beberapa diantaranya terlihat mengantuk hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi kurang. Dalam penelitian ini metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah model pembelajaran problem-based learning. Model pembelajaran ini menjadikan siswa untuk berpikir secara kritis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan/observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI APk 2 SMKN 1 Sooko Mojokerto yang berjumlah 36 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem-based learning (2) untuk mengetahui kondisi kelas ketika problem-based learning diterapkan (3) untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran problembased learning (4) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem-based learning. Hasil penerapan model pembelajaran problem-based learning ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif siswa sebesar 94 44% sedangkan pada siklus 2 naik menjadi 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 5 56%. Selain itu siswa juga memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran problem-based learning ini. Saran yang diberikan kepada Kepala SMKN 1 Sooko Mojokerto dan seluruh guru khususnya guru mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan untuk mencoba menerapkan model pembelajaran problem-based learning pada pokok bahasan yang sesuai untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran problem-based learning pada mata pelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29006

Actions (login required)

View Item View Item