Implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam tradisi upacara grebeg pancasila di kota blitar pada masa pandemi covid-19 / Ahmit Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam tradisi upacara grebeg pancasila di kota blitar pada masa pandemi covid-19 / Ahmit Tri Wahyuni

Wahyuni, Ahmit Tri Wahyuni (2022) Implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam tradisi upacara grebeg pancasila di kota blitar pada masa pandemi covid-19 / Ahmit Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam tradisi Grebeg Pancasila pada masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan Grebeg Pancasila pada masa pandemi Covid-19 menyesuaikan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) namun tidak mengurangi implementasi nilai-nilai nasionalisme. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis prosesi Grebeg Pancasila pada masa Covid-19 implementasi nilai-nilai nasionalisme pada Grebeg Pancasila pada masa Covid-19 kendala serta cara untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme pada tradisi upacara Grebeg Pancasila. Metode dalam penelitian ini adalah kualititaf deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi Grebeg Pancasila pada masa Covid-19 berbeda dengan tahun sebelumnya terdapat beberapa ritus yang sementara ditiadakan karena menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terhadap penanganan pandemi Covid-19 nilai-nilai nasionalisme cenderung masih sama seperti tahun sebelumnya namun pengimplementasiannya terbatas pada ritus yang masih ada kendala yang dihadapi adalah dengan adanya Covid-19 menimbulkan kebijakan pemerintah terhadap pembatasan kegiatan cara untuk mengatasi kendala ini agar Grebeg Pancasila tetap bisa dilaksanakan yaitu dengan mematuhi protocol kesehatan pengurangan peserta dan peniadaan sementara beberapa ritus waktu pelaksanaan yang dipersingkat dan pelaksanaan yang lebih disederhanakan lagi serta tidak melibatkan masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290052

Actions (login required)

View Item View Item