Analisis pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012 / Tika Muslihah Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012 / Tika Muslihah Fauziah

Fauziah, Tika Muslihah (2016) Analisis pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012 / Tika Muslihah Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah T.M. 2016. Analisis Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2012. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Madziatul Churiyah S. Pd. M.M (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) guru minat menjadi guru. Saat ini pendidikan merupakan salah satu sasaran pokok pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Pendidikan erat kaitannya dengan proses belajar mengajar. Penyelenggaraan pendidikan yang didalamnya memuat kegiatan pembelajaran minimal melibatkan dua komponen penting yaitu guru dan peserta didik. Dalam upaya menghasilkan calon pendidik yang profesional dan memiliki wawasan serta pengalaman dalam menjalankan keahlian di bidang pendidikan maka Universitas Negeri Malang sebagai salah satu LPTK memberikan peluang kepada mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu program yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi program studi kependidikan. Nantinya program PPL yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa akan membentuk empat kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang akan mempengaruhi minat mereka untuk menjadi guru. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) minat mahasiswa menjadi guru dan apakah pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk menjadi guru. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dokumentasi dan kuesioner yang dilengkapi dengan instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara angket voice recorder dan kamera. Wawancara dilakukan dengan dosen pembimbing PPL guru pamong waka kurikulum dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2012 yang telah melaksanakan PPL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program PPL sudah terlaksana cukup baik karena dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi mahasiswa sebelum nantinya menjadi seorang guru. Namun masih terdapat beberapa kendala dan hal-hal yang harus dievaluasi agar program PPL bisa berjalan secara efektif dan efisien (2) minat mahasiswa untuk menjadi guru dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal 20% dari mahasiswa yang menjadi subyek penelitian menyatakan tidak berminat untuk menjadi guru 10% mahasiswa menyatakan bahwa mereka berminat untuk menjadi guru mulai dari awal masuk perguruan tinggi dan 70% mahasiswa menyatakan bahwa mereka memiliki minat untuk menjadi guru setelah mereka masuk kuliah dan mengikuti berbagai praktik keguruan salah satunya adalah PPL dan (3) pelaksanaan PPL dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk menjadi guru namun pada pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang timbul dari faktor eksternal maupun faktor internal mahasiswa oleh karena itu perlu adanya evaluasi dari semua pihak yang terkait agar tujuan dari program PPL dapat terlaksana dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara keseluruhan pelaksanaan PPL telah berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat serta pengalaman bagi mahasiswa sebelum mereka menjadi guru yang sebenarnya kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa pada saat PPL dapat membentuk empat kompetensi guru yaitu (1) kompetensi pedagogik (2) kompetensi kepribadian (3) kompetensi profesional dan (4) kompetensi sosial. Minat menjadi guru adalah suatu keadaan dan sikap di mana mahasiswa memiliki rasa senang tertarik memiliki kehendak atau keinginan kemauan perhatian dan kecenderungan untuk menjadi seorang guru. Saran dalam penelitian ini adalah (1) sebaiknya pihak Universitas melaksanakan evaluasi untuk memperbaiki pelaksanaan PPL baik dari tahapan persiapan saat pembekalan maupun saat pelaksaan praktik di lapangan (2) mahasiswa diharapkan lebih siap dan belajar lagi mengenai keterampilan dasar mengajar sebelum mereka terjun ke sekolah dan (3) dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya mengenai pelaksanaan PPL dengan masalah yang lebih mendetail mengenai keterampilan dasar mengajar mahasiswa serta menambah subyek penelitian yaitu pendapat dari siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29005

Actions (login required)

View Item View Item