Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis strategi pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen) / Fetri Nur Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis strategi pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen) / Fetri Nur Cahyani

Cahyani, Fetri Nur (2015) Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis strategi pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen) / Fetri Nur Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani Fetri Nur. 2015. Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Moh. Arief M.Si. (II) Drs. Sarbini. Kata kunci modul inkuiri terbimbing administrasi kepegawaian hasil belajar Penelitian pengembangan ini didasari oleh beberapa hal yaitu 1) terbatasnya bahan ajar untuk mata pelajaran Administrasi Kepegawaian yang merupakan mata pelajaran baru dalam kurikulum 2013 2) belum adanya bahan ajar yang dapat melatih siswa dalam berpikir kritis dan analitis sehingga dalam penyajian materinya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengamati menanya mencoba/eksperimen mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan dan 3) ditemukannya 1 nilai siswa pada batas KKM 6 nilai siswa di bawah KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84.47 yang diperoleh dari hasil studi pendahuluan kegiatan pembelajaran Administrasi Kepegawaian pada siswa kelas XI APK 3 SMKN 1 Turen. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar yang berupa Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk siswa SMK kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan modul melalui uji validasi dan 3) mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan modul. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Research Development (R D) oleh Borg and Gall dalamSugiyono (2011 289) melalui delapan langkah pengembanganhasilmodifikasiyaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) penyusunan draft produk awal 4) uji ahli dan uji praktisi 5) revisi draft produk 6) uji kelompok kecil 7) penyempurnaan produk 8) uji kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi ahli modul dan siswa diketahui bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 88.6%. Selain itu modul hasil pengembangan juga dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan adanya penigkatan hasil belajar aspek kognitif siswa sebesar 4.5 (dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan produk 84.47 dan setelah menggunakan produk 88.97) dan peningkatan persentase ketuntasan kelas sebesar 14.7% (dengan persentase ketuntasan kelas sebelum menggunakan produk 82.4% dan setelah menggunakan produk97.1%). Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing adalah valid dan layak serta efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29000

Actions (login required)

View Item View Item