Pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah praktikum perkantoran (studi pada mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012 di Fakultas Ekonomi Universitas Neg - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah praktikum perkantoran (studi pada mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012 di Fakultas Ekonomi Universitas Neg

Tyas, Nur Amalina Ning (2015) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah praktikum perkantoran (studi pada mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012 di Fakultas Ekonomi Universitas Neg. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tyas Nur Amalina Ning. 2015. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Fasilitas Laboratorium Perkantoran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktikum Perkantoran ( Studi Pada Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2012 Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. (II) Elfia Nora S.E. M.Si. Kata Kunci Persepsi Mahasiswa Fasilitas Laboratorium Perkantoran Prestasi Belajar. Pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran praktikum administrasi perkantoran di laboratorium perkantoran adalah matakuliah yang wajib ditempuh agar mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu administrasi perkantorannya. Tujuan pembelajaran praktikum perkantoran agar tercapai dengan baik dan maksimal maka perlu adanya beberapa dukungan yang salah satunya adalah dengan tersedianya fasilitas laboratorium perkantoran yang digunakan dalam praktikum perkantoran. Prestasi belajar mahasiswa pada Matakuliah Praktikum Perkantoran dipengaruhi oleh. Persepsi mereka terhadap segala sesuatu yang menyangkut tentang fasilitas pembelajaran misalnya kondisi laboratorium dan saran prasarana penunjangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran dan prestasi belajar (2) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel bebas penelitianh ini adalah persepsi mahasiswa tentang fasislitas laboratorium perkantoran (X) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar (Y). Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran angkatan 2012 yang berjumlah 154 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 61 mahasiswa menggunakan propotional random sampling. Skala yang digunakan adlah Skala Likert dengan skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dokumentasi dan observasi. Untuk uji kelayakan digunakan Uji Validitas dan Reliabelitas yang diolah melalui program IBM SPSS 19 for Windows. Penelitian ini menggunakan model asumsi klasik yaitu Uji Normalitas dan Uji Heteroskedastisitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot Regression Standardized Residual. Jadi model regresi layak digunakan. (2) Model regresi memenuhi asumsi tidak heteroskedastisitas titik menyebar dan tidak membentuk pola pada gambar Scatterplot. (3) Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran dan prestasi belajar termasuk kategori baik. (4) Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi pihak Program Studi Administrasi Perkantoran diharapkan selalu memperhatikan kelayakn fasilitas laboratorium guna mendukung kegiatan praktikum (2) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian dengan variabel persepsi mahasiswa tentang fasilitas laboratorium perkantoran sebaiknya memperluas insikator sesuai dengan standar sarana-prasrana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28998

Actions (login required)

View Item View Item