Tyas, Agus Dwijaning (2015) Pengaruh nilai praktik kerja industri, motivasi untuk bekerja, dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa (studi pada siswa kelas XII di SMK Nahyada Global Singosari Kabupaten Malang) / Agus Dwijaning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tyas A.D. 2015.Pengaruh Nilai Praktik Kerja Industri Motivasi untuk Bekerja dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Kerja Siswa (StudipadaSiswaKelas XII di SMK Nahyada Global Singosari Kabupaten Malang).Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. GatotIsnani M.Si. (II) Drs. Sarbini. Kata kunci nilaiprakerin motivasi untuk bekerja bimbingan karir kesiapan kerja siswa Nilai praktik kerja industriadalahukuranhasilkegiatanpraktikkerjaindustrisiswayang diperolehdarihasilpenilaianduniausaha/industri. Nilai Praktik kerja industri sangat diperlukan untuk melihat kompetensi siswa secara teknik maupun non teknik. Kegiatan praktik kerja industrimendorong siswa agar memilikimotivasi untuk bekerja. Motivasi untuk bekerja siswa dapat bersumber dari motivasi internal dan eksternal. Motivasi yang bersumber dari dalam diri dapat melekat meskipun tanpa dorongan dari luar. Namun tidak semua siswa memiliki motivasi internal yang kuat motivasi eksternal juga sangat berperan untuk mencapai tujuan dan cita-cita. Bentukmotivasi eksternal dapat diberikan melalui program bimbingan karir di sekolah maupun peran serta orang tua dalam perkembangan dan kemajuan karir siswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) Deskripsinilai praktik kerja industri motivasi untuk bekerja bimbingan karir dan kesiapan kerja siswa (2) Pengaruhnilai praktik kerja industri terhadapkesiapaan kerja siswa (3)Pengaruhmotivasi untuk bekerja terhadapkesiapaan kerja siswa (4) Pengaruhbimbingan karir terhadapkesiapaan kerja siswa dan (5) Faktor yang dominanberpengaruhterhadapkesiapankerjasiswa. PenelitianinidilakukanpadabulanJanuarisampaiMaret 2015.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatifdenganmenggunakananalisisdeskriptifdananalisisregresiberganda.Variabelbebasdaripenelitianiniadatiga yaitunilai praktik kerja industri(X1) motivasi untuk bekerja(X2) dan bimbingan karir(X3) dengan variabel terikatnya adalah kesiapan kerja siswa (Y).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMK Nahyada Global Singosaritahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 171 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 114 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling.Sumber data berasal dari data primer yang berasal dari responden dan sekunder yang didapatdari TUyang digunakanuntukmelihatgambaranumumtentangsekolah absen siswa dan nilai praktik kerja industri.Teknik pengumpulan data menggunakanmetodekuesioner metodedokumentasi dan wawancara tidak terstruktur.Ujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitasmenggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson dan Cronbach s Alpha.Penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi untuk melihat gambaran dari masing-masing variabel dengan penentuan kriteria interpretasi skor yaitu sangat baik dengan angka 81%-100% baik dengan angka 61%-80% cukup dengan angka 41%-60% kurang dengan angka 21%-40% dan sangat kurang dengan angka 0%-20%. Penelitianinijugamenggunakanmodel ujiasumsiklasik yaitu (1) UjinormalitasdenganmelihatgrafikP-P Plotof Regression StandardizedResidual (2)Ujimultikolinearitas yang dapatdilihatdarinilaitolerancedan VIF pada model regresi dan(3) Ujiheteroskedastisitasdenganmelihatgrafikscatterplots.Analisis statistik dalam penelitian ini menggunakanbantuan SPSS 20 for Windows. Hasil analisisdeskriptifdalampenelitianinimenunjukkanbahwa (1)Nilai praktik kerja industri sangat baik motivasiuntukbekerjabaik bimbingan karir baik dankesiapan kerja siswatergolongbaik (2) Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa Tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel nilai praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa ada pengaruh positif dan signifikan variabel motivasi untuk bekerja terhadap kesiapan kerja siswa dan ada pengaruh positif dan signifikan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa dan(3) Variabel yang dominan mempengaruhi kesiapan kerja siswa adalah motivasi untuk bekerja. Berdasarkan uraian di atas penelitimenyarankan (1)Untukmematangkankesiapankerjasiswa maka program praktikkerjaindustriperluditingkatkanlagiterutamadalamsegipemberianmateridanpembekalansebelumsiswamasukkeduniaindustri yang sesungguhnya. Dari segipenilaian perludibuatstandarisasipenilaiandengankriteriadanaspekpenilaian yang relevan. (2) Untukbahanpertimbangandalammenentukanarahperbaikankeluaransekolahdarisegipengetahuandanketerampilansiswa yang berupasoftskillsdanhardskillsyang kompetendansesuaikebutuhanpasarkerja. (3) Untukpenelitian lain yang tertarikdenganpenelitianini sebaiknyadilakukanpenelitianlebihlanjuttentangvariabel lainsepertiunit produksi sekolah dukungan keluarga kontribusi ekspektasi karir locus of control dan pengalaman praktik kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |