Pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Pasuruan / Efi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Pasuruan / Efi Wulandari

Wulandari, Efi (2015) Pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Pasuruan / Efi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Efi. 2015. Pengaruh Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M. (II) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci kualitas kepemimpinan kepala sekolah lingkungan kerja motivasi kerja kinerja guru Keberhasilan sekolah merupakan keberhasilan kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah dapat mempengaruhi perilaku guru agar bersedia bekerja sama. Kinerja guru merupakan potret dari serangkaian aktivitas guru dalam mencapai tujuan sekolah. Rendahnya kinerja guru akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan. Banyak faktor yang dapat menjadikan kinerja guru lebih optimal. Dengan adanya lingkungan kerja yang kondusif dan motivasi yang tepat akan memberikan kenyamanan dan semangat sehingga memungkinkan guru untuk bekerja optimal untuk mencapai tujuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kualitas kepemimpinan kepala sekolah lingkungan kerja motivasi kerja dan kinerja guru. (2) Pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (3) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru dan (4) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) lingkungan kerja (X2) dan motivasi kerja (X3) dengan variabel terikat kinerja guru (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 111 guru dengan sampel yang digunakan sebanyak 56 guru. Pengambilan sampel ini menggunakan stratified random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima opsi jawaban yaitu sangat setuju dengan skor 5 setuju dengan skor 4 cukup setuju dengan skor 3 tidak setuju dengan skor 2 dan sangat tidak setuju dengan skor 1. Jenis data penelitian ini adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Sumber data berasal dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang didapat dari sekolah gambaran umum sekolah dan dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi. (3) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Kualitas kepemimpinan kepala sekolah dapat diklasifikasikan baik. (2) Lingkungan kerja guru dapat diklasifikasikan cukup baik. (3) motivasi kerja guru dapat diklasifikasikan baik. (4) Kinerja guru termasuk dalam klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. (2) Tidak Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru. (3) Tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru. (5) Variabel kualitas kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang dominan yaitu sebesar 31 78%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Kepala sekolah SMK Negeri 1 Pasuruan harus bisa mempertahankan serta meningkatkan pengawasan kinerja dan pengawasan terhadap bawahan melengkapi fasilitas-fasilitas sekolah dan mengkondisikan gedung sekolah yang bersih. (2) Bagi guru SMK Negeri 1 Pasuruan hendaknya lebih meningkatkan kinerja mengembangkan ilmu pengetahuan mudah berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan semua warga sekolah (3) Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru seperti kedisiplinan sarana dan prasarana iklim kerja fasilitas dan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28994

Actions (login required)

View Item View Item