Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Adobe InDesign untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang pada mata pelajaran kearsipan) / Haning Novia Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Adobe InDesign untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang pada mata pelajaran kearsipan) / Haning Novia Pratiwi

Pratiwi, Haning Novia (2015) Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Adobe InDesign untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang pada mata pelajaran kearsipan) / Haning Novia Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi HaningNovia. 2015. Pengembangan Media PembelajaranE-ModulBerbasisAdobe InDesignUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa (StudipadaSiswaKelas XII AdministrasiPerkantoran SMK Muhammadiyah 5 KepanjenKabupaten Malang pada Mata PelajaranKearsipan). Skripsi.JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno MM. (2) Dra. Hj. Wasiti S.Sos M.Si. Kata Kunci media pembelajaran e-modul adobeindesign hasilbelajar Media pembelajaran merupakan suatu alat yang memiliki fungsi sebagai perantara dalam penyampaian pesan dalam proses pembelajaran. E-modulmerupakansaranapembelajaranberupabuku digital yang bersifatinteraktifdalampenggunaanselama proses pembelajaran. Salahsatumatapelajaran yang diajarkan di SMK Muhammadiyah 5 KepanjenKabupaten Malang padajurusanAdministrasiPerkantoranadalahKearsipan. Pengembangan media pembelajarane-modulberbasisAdobe InDesign ini bertujuan untuk (1)Menciptakan media pembelajaran e-modulberbasisAdobe InDesign dan(2) Mengukurhasil belajar siswasetelah menggunakan media pembelajaran e-modulpada mata pelajaran Kearsipan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Pengembangandilakukandenganmenggunakan model pengembangan Borg Gall yang dikembangkanEmzirmelaluitujuhtahap yaitu (1) PenelitiandanPengumpulanInformasi (Research and Information Collecting) (2)PengembanganBentukAwalProduk (Develop Preliminary Form of Product) (3) Ujicobatahapawal (Preliminary field testing) (4) Merevisiproduk (Main product revision) (5) Ujilapanganterbatas (Main field testing) (6)Revisiproduk (Operational product revision) (7) Ujilapanganoperasional(Operational field testing). Validasi media dilakukanolehahlimateridanahlimedia.Ujicoba mediadiujikankepadasiswa SMK Muhammadiyah 5 KepanjenKabupaten Malang padakelas XII Program AdministrasiPerkantoran. Hasilvalidasiahli media mencapai 71 20% yang menyatakan media pembelajarane-modulcukuplayakuntukdigunakandanhasilvalidasiahlimaterimencapai 78 75% yang menyatakanbahwa media layakuntukdigunakandalamkegiatanpembelajaran. Kesimpulandaripenelitianpengembanganiniadalah media pembelajarane-modulberbasisAdobe InDesign mampumeningkatkanhasilbelajarsiswadarikelaskontrolsebesar 64 00menjadi 80 00 padakelaseksperimen. Rata-rata nilaiujiPosttest padakelaseksperimenadalah 80 00danpadakelaskontrolsebesar 64 00 artinyaterdapatpeningkatanhasilbelajardarikelaskontrolkekelaseksperimendanterdapat pula perbedaanhasilbelajarsiswaantarakelaseksperimendankelaskontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28993

Actions (login required)

View Item View Item