Pengembangan modul ajar mengoperasikan aplikasi presentasi dengan konsep perndekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Nirwana Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar mengoperasikan aplikasi presentasi dengan konsep perndekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Nirwana Wijayanti

Wijayanti, Nirwana (2015) Pengembangan modul ajar mengoperasikan aplikasi presentasi dengan konsep perndekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Nirwana Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Nirwana. 2015. Pengembangan Modul Ajar Mengoperasaikan Aplikasi Presentasi dengan Konsep Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M Kata kunci modul ajar aplikasi presentasi pendekatan ilmiah hasil belajar Penelitian ini didasari oleh faktor tebatasnya bahan ajar mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi yang sesuai dengan kondisi sekolah. Bahan ajar yang mengembangkan kemampuan proses berfikir siswa belum dikembangkan sebelumnya. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang tersedia di perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di sekolah masih membahas pengoperasian Microsoft Office 2003 sedangkan pada paktiknya siswa dituntut harus mampu mengoperasikan Microsoft Office 2007. Keaktifan dan hasil belajar siswa juga masih kurang. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah terbatasnya bahan ajar yang disusun secara khusus untuk meningkatkan aktifitas dan daya serap siswa terhadap materi ajar serta menarik perhatian siswa untuk mempelajarinya. Modul Mengoperasikan Aplikasi Presentasi yang diintegrasikan dengan konsep pendekatan ilmiah diharapkan dapat membangun sikap aktif kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Memperkaya bahan ajar siswa dengan menghasilkan modul ajar Mengoperasikan Aplikasi Presentasi yang sesuai dengan Konsep Pendekatan Ilmiah untuk siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar. 2) Untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. 3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AP1 di SMK Negeri 2 Blitar. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Dick Carey tahun 2005 melalui 9 langkah penelitian. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen pgogram studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul 1 orang guru mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi sebagai ahli materi pelajaran dan 12 siswa kelas X AP SMK Negeri 2 Blitar sebagai calon pengguna produk. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada ke 4 aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk katagori valid. Efektivitas produk diperoleh dari data bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari perbandingan rata-rata hasil belajar kelas yang tidak menggunakan modul 77 51 dan rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan modul 85 73. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi untuk memanfaatkan modul ini dalam proses belajar mengajar atau sebagai alternatif penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28991

Actions (login required)

View Item View Item