Penerapan model pembelajaran problem based learning dan two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (syudi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Ayu Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning dan two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (syudi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Ayu Wahyuningsih

Wahyuningsih, Ayu (2015) Penerapan model pembelajaran problem based learning dan two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (syudi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Ayu Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Ayu. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI APK di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika M.A. M.Si. (II) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Two Stay Two Stray (TSTS) Aktivitas Hasil belajar. Berdasarkan observasi di kelas XI APK 1 di SMK Negeri 1 Pasuruan serta wawancara yang peneliti lakukan dengan guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian ditemukan beberapa masalah yakni 1) siswa cenderung pasif dan kurang aktif pada saat guru menjelaskan secara ceramah 2) saat diskusi dan presentasi siswa hanya bergantung pada perseorangan. Beberapa masalah yang timbul karena keaktifan siswa yang masih rendah dan berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Proses pemecahan masalah tersebut perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Alternatif cara yang dipilih peneliti untuk mengatasi permasalahan ialah dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan observasi (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 1 SMK Negeri 1 Pasuruan yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes untuk hasil belajar siswa lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pasuruan. Diperoleh persentase aktivitas siswa 74 41% pada siklus I meningkat menjadi 80 59% pada siklus II. Pada hasil belajar siswa siklus 1 diperoleh 88 82 meningkat menjadi 90 29 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan beberapa hal sebagai berikut (1) Bagi guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian untuk menggunakan model pembelajaran bervariasi (2) Bagi siswa dengan penerapan model pembelajaran bervariasi hendaknya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan perbaikan dari kekurangan yang ada pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28989

Actions (login required)

View Item View Item