Wijayanto, Bayu Aris (2015) Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi pengkodean dokumen dan indeks (studi pada siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang) / Bayu Aris Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanto Bayu Aris. 2015. PengembanganModulKearsipanBerbasis Guided Inquiry PadaMateriPengkodeanDokumendanIndeks (StudiPadaSiswaKelas X AdministrasiPerkantoran di SMK CendikaBangsaKepanjenKabupaten Malang). Skripsi.JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HenyKusdiyanti S.Pd. M.M. (II)Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata kunci modul guided inquiry pengkodeandokumendanindeks. Penelitianpengembanganinimenggunakanrancangan model 4-D yang diadaptasidariThiagarajan S. Semmel D.S Semmel M.I. melaluiempatlangkahpenelitian yaitutahapmendefinisikan merancang mengembangkan danmenyebarluaskan.Modul yang dikembangkandivalidasioleh 1 orang dosen program studiAdministrasiPerkantoranUniversitasNegeri Malang sebagai validator ahlimodul 2 orang guru matapelajaranKearsipan SMK CendikaBangsaKepanjenKabupaten Malang sebagai validator guru materi dan 10 orang siswakelas X AdministrasiPerkantoran SMK CendikaBangsaKepanjenKabupaten Malangsebagai validator siswa. Produk yang dikembangkanberupamodulKearsipanpadamateripengkodeandokumendanindeksdenganmenggunakan model guided inquiry yang dilengkapidenganBukuPegangan Guru. Kompetensidasar yang dikembangkanolehpenelitidalammoduliniadalahmenjelaskancarapengkodeandokumendanmempraktekkancarapengkodeandokumen. Sajiandananalisis data padapenelitianinimeliputiempataspek (1) aspekkelayakanisi (2) aspekkelayakanpenyajian (3) aspekkelayakanbahasa dan (4) aspekkelayakankegrafikandanditambahkanaspekkeefektifanpenggunaanmodulpadavalidasi guru materisekaligusvalidasi media padamodul. Berdasarkanpenilaiandari validator ahlimodul guru materi dan validator siswapadakelimaaspektersebutdanvalidasi media diperoleh rata-rata sebesar 80 9% yang berartimodulinitermasukkategorisangat valid danlayakdigunakan. Saran pemanfaatanpadapenelitianinidibagimenjadidua saran yaitusaran pemanfaatanbagisiswa agar mempelajarimaterimodulterlebihdahuludansiswaharusaktifuntukmenganalisissecaramandiri dan saran pemanfaatanpada guru agar mendalamiterlebihdahulumateridalammodulsebelummelakukan proses pembelajaran. Diseminasipadapengembanganmodul yang dilakukanpenelitimelaluiduacara (1) melaluitimMusyawarah Guru Mata PelajaranKearsipan dan(2) melaluijurnalpenelitiansehingga guru dariberbagaidaerahdapatmengaksespenelitianini. Pengembanganpenelitianlebihlanjutdalampenelitianiniadatigahal (1) pengembanganprodukhanyaterbataspadamateripengkodeandokumendanindeks (2) penelitiandanpengembangandisesuaikandenganKurikulum 2013 dan (3) penelitianlebihlanjutmengenaipenggunaanmodulhasilpengembangandidesainpadapenelitiantindakankelasdenganmenggunakanmodul yang berbasisguided inquiryuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |