Pengembangan media pembelajaran tutorial interasktif berbasis adobe flash CS3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dewi Rizqiyatun Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran tutorial interasktif berbasis adobe flash CS3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dewi Rizqiyatun Ni'mah

Ni'mah, Dewi Rizqiyatun (2015) Pengembangan media pembelajaran tutorial interasktif berbasis adobe flash CS3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dewi Rizqiyatun Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ni mah Dewi Rizqiyatun. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Tutorial Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto SM. M.M. M.Pd (II) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E M.M Kata Kunci media pembelajaran tutorial interaktif hasil belajar Media pembelajaran sebagai salah satu sarana meningkatkan mutu pendidikan sangat penting dalam proses pembelajaran. Selain itu penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan keinginan atau minat yang baru rangsangan kegiatan belajar bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang adalah Otomatisasi Perkantoran. Melalui media pembelajaran tutorial interaktif berbasis Adobe Flash CS3 ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi obyektif yaitu metode pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa (2) menghasilkan produk media pembelajaran tutorial interaktif berbasis Adobe Flash CS3 serta melakukan uji coba dan (3) implementasi produk media pembelajaran tutorial interaktif berbasis Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Borg and Gall melalui 8 langkah dalam pelaksanaan metode penelitian dan pengembangan yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk awal (3) uji validitas (4) revisi produk I (5) uji coba lapangan terbatas (6) revisi produk II (7) uji coba lapangan dan (8) produk akhir. Validitas media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba media diujikan kepada siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang kelas X Program Administrasi Perkantoran. Hasil validasi ahli materi mencapai 88 46% yang menyatakan media pembelajaran layak untuk digunakan dan hasil validasi ahli media mencapai 85 42% yang menyatakan bahwa media layak untuk digunakan untuk proses pembelajaran. Hasil dari post-test siswa menunjukkan perbedaan di mana rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82 1875 lebih tinggi dari siswa kelas kontrol yaitu 76 5789. Dan berdasarkan hasil analisis SPSS menggunakan uji independent sample t-test didapatkan nilai t hitung -2 308 dengan probabilitas sebesar 0 025. Oleh karena probabilitas 0 025 0 05 maka kedua rata-rata nilai tes kelas eksperimen dan kelas kontrol benar-benar berbeda yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran tutorial interaktif berbasis Adobe Flash CS3 efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item View Item