Lailati, Dwi Nur (2015) Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar) / Dwi Nur Lailati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lailati Dwi Nur. 2015. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar ( Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata kunci modul guided inquiry kearsipan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini didasari oleh bahan ajar yang digunakan selama ini belum dapat membantu siswa untuk lebih berpikir secara kritis. Kegiatan belajar siswa untuk melatih belajar secara mandiri menjadi kurang. Guru juga menjelaskan perlu ada bahan ajar yang disusun secara sistematis komunikatif dan menarik bagi siswa. Atas dasar penjelasan tersebut tampaknya diperlukan pengembangan bahan ajar berupa modul mata pelajaran Kearsipan. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul Kearsipan sesuai dengan model guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk siswa SMK kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan 3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar modul Kearsipan berbasis guided inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar modul Kearsipan berbasis guided inquiry. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Dick Carey. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manejemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Kearsipan SMK Negeri 2 Blitar sebagai validator ahli materi dan enam siswa kelas X SMK Negeri 2 Blitar sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan model guided inquiry. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori sangat valid. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan ditinjau dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan modul dan kelas yang tidak menggunakan modul yaitu 91 00 dengan 83 31 melalui uji t program SPSS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 7 69%. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Kearsipan disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis guided inquiry ini sebagai penunjang pembelajaran Kearsipan pada materi sistem kearsipan dan penggunaannya yang tidak harus selalu dengan pantauan guru karena kelebihan prosedur guided inquiry yang dapat membimbing siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |