Maisaroh, Siti (2015) Pengaruh cara belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PengantarAdsmoinistrasi Perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Pasuruan) / Siti Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maisaroh Siti. 2015. Pengaruh Cara Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi pada Kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. (II) Dr. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT. M.Bus. Kata kunci Cara Belajar Minat Belajar Prestasi Belajar Dalam proses belajar mengajar minat belajar sangat besar perananya terhadap prestasi belajar. Karena adanya minat belajar dapat menumbuhkan cara belajar siswa secara intensiv. Minat belajar sangat berperan dalam belajar dengan minat belajar inilah siswa menjadi tekun dalam proses belajar mengajar dan dengan minat belajar itu pula hasil belajar siswa dapat diwujudkan dengan baik. kurangnya minat akan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi cara belajar dan minat belajar. (2) Deskripsi prestasi belajar. (3) Pengaruh cara belajar dan minat belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X SMKN 1 Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji linearitas. Variabel bebas dari penelitian ini adalah cara belajar (X1) dan minat belajar (X2) dengan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Pasuruan yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan lima opsi jawaban yaitu sangat setuju skor 5 setuju skor 4 kurang setuju skor 3 tidak setuju skor 2 dan sangat tidak setuju skor 1. Sedangkan prestasi belajar diklasifikasikan menjadi sangat rendah ( 3 07) rendah (3 07-3 13) cukup tinggi (3 14-3 20) tinggi (3 21-3 27) dan sangat tinggi (3 28-3 336). Jenis data penelitian ini adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Sumber data primer berasal dari responden dan data sekunder yang dideroleh dari guru tentang nilai raport siswa semester ganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Penelitian ini menggunakan empat model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardizeed Residual. (2) Uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada regresi. (3) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot. (4) Uji hipotesis dengan melihat tabel coefficients. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Jadi model regresi layak untuk digunakan. (4) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) cara belajar pada siswa dapat diklasifikasikan baik. (2) minat belajar siswa dapat diklasifikasikan baik. (3) Prestasi belajar siswa termasuk dalam klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan minatnya terhadap membaca buku karena hal tersebut dapat mendatangkan kesuksesan dalam studi (2) Bagi guru sebaiknya selalu melakukan upaya untuk membuat kegiatan belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan. (3) Bagi sekolah hendaknya bisa mempertahankan serta meningkatkan penunjang kegiatan belajar mengajar sehingga dapat mendukung siswa untuk meningkatkan minat membaca dengan baik. (4) Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya menyempurnakan dan menambahkan hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |