Putri, Dinar Tiara Nadip (2015) Pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (studi pada siswa kelas XI Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 2 Malang) / Dinar Tiara Nadip Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri D.T.N. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata kunci minat motivasi hasil belajar Pendidikan merupakan kunci penting dalam proses pembangunan. Melalui pendidikan diharapkan mampu menciptakan manusia yang cerdas damai dan terbuka sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai. Proses belajar mengajar adalah kegiatan utama dalam dunia pendidikan. Untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah proses belajar dilihat dari hasil belajar yang optimal. Hasil belajar optimal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya minat motivasi dan sebagainya. Minat yang besar terhadap sesuatu merupakan modal yang besar artinya untuk mencapai atau memperoleh tujuan yang diminati. Selain minat siswa dalam belajar motivasi dalam belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Adanya motivasi dapat mendorong siswa untuk berbuat (sebagai penggerak) dan mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) minat motivasi dan hasil belajar siswa (2) pengaruh minat terhadap hasil belajar (3) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar (4) pengaruh yang dominan antara variabel minat dan variabel motivasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat (X1) dan motivasi (X2) dengan variabel terikat hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 138 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis datanya adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Untuk sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang dimana data primer berasal dari responden sedangkan data sekunder berasal dari TU dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dokumentasi observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini kuesioner dibagikan pada tanggal 31 Januari 2015. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum jumlah siswa dan hasil belajar berupa nilai ulangan semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran siswa di dalam kelas. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi awal dari guru mata pelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas (2) uji heteroskedastisitas (3) uji multikolinearitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas ditunjukkan dengan penyebaran data di sekitar garis dan mengikuti garis diagonal pada grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu yang teratur (3) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat pada siswa dapat diklasifikasikan cukup baik motivasi pada siswa adalah baik dan sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang tinggi (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas XI (3) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas XI (4) minat merupakan variabel yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) bagi guru untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa guru hendaknya menjelaskan hal-hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan siswa serta terkait dengan bahan pelajaran yang sedang dipelajari sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa (2) bagi siswa diharapkan agar lebih aktif bertanya ketika pembelajaran berlangsung dan mengerjakan latihan meskipun tidak akan ditunjuk oleh guru sehingga hasil belajar akan lebih optimal (3) bagi orang tua hendaknya memberikan bimbingan ketika anak mengalami kesulitan dalam belajar dan memberikan dorongan kepada anak untuk lebih giat belajar. Orang tua harus mengontrol kegiatan belajar anak agar hasil belajar menjadi optimal (4) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa misalnya bakat lingkungan belajar dan fasilitas belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |