Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK SMKN 1 Pasuruan / Melia Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK SMKN 1 Pasuruan / Melia Indah Sari

Sari, Melia Indah (2015) Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK SMKN 1 Pasuruan / Melia Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Melia Indah. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X APK SMKN 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M.M (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar Hasil Belajar. Kebiasaan belajar merupakan pola perilaku siswa dalam berbuat atau bertindak yang dilakukan secara terus-menerus atau berulang-ulang dan akhirnya menjadi ciri dari seorang siswa melalui proses belajar yang bersifat tetap. Siswa perlu menerapkan kebiasaan belajar yang baik untuk mendapatkan hasil belajar yang baik pula. Kebiasaan belajar yang baik dapat diterapkan di sekolah di rumah dan ketika menghadapi ujian. Siswa yang telah menerapkan kebiasaan belajar yang baik maka siswa tersebut telah memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Tujuan penelitian ini selain mendeskripsikan kebiasaan belajar motivasi belajar dan hasil belajar penelitian ini juga menguji pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dan sampel merupakan seluruhsiswa kelas X APK SMKN 1 Pasuruan yang berjumlah 71 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kebiasaan belajar siswa berkategori cukup baik motivasi belajar siswa berkategori sangat baik serta hasil belajar siswa berkategori tinggi. (2) tedapat pengaruh secara positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa. (3) terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. (4) terdapat pengaruh secara simultan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa disarankan kepada pihak sekolah agar (1) memberikan pengarahan tentang kebiasaan belajar baik yang dapat diterapkan di sekolah di rumah dan ketika menghadapi ujian. (2) memberikan dorongan dalam belajar agar siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajaran. (3) mempertahankan kebiasaan belajar yang baik dan motivasi belajar tinggi yang sudah dimiliki oleh siswa dalam belajar agar siswa dapat mencapai kesuksesan dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item