Pengaruh minat belajar dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI Turen) / Fitri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI Turen) / Fitri Wulandari

Wulandari, Fitri (2015) Pengaruh minat belajar dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI Turen) / Fitri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Fitri. 2015. PengaruhMinatBelajardanFasilitasBelajarSekolahterhadapHasilBelajarSiswapada MataPelajaranKorespondensi(StudipadaSiswaKelas X APK SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. I NyomanSuputra M.Si (II) LohanaJuariyah S. E. M. Si. Kata Kunci minatbelajar fasilitassekolah hasilbelajar Di era globalisasisepertisekarangini setiap orang dituntutuntukselalumengembangkandiriterutamadalamhalpenguasaanpengetahuandanberbagaikompetensi yang menujupadaprofesionalitas. Salah satucara yang paling tepatdalammeningkatkanpengetahuandanberbagaikompetensiadalahmelaluipendidikan. Dalamduniapendidikan hasilbelajarmenjadisalahsatuindikasiberhasiltidaknyasuatupendidikan.Hasilbelajar yang baikmengindikasikanberhasilnyasuatupendidikan.Faktor-faktor yang mempengaruhihasilbelajarmeliputiminatbelajardanfasilitassekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minatbelajar fasilitassekolahdanhasilbelajar(2) Pengaruh minatbelajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh fasilitas sekolah secara parsial terhadap hasilbelajar siswa. (4) Pengaruhminatbelajardanfasilitassekolahsecarasimultanterhadaphasilbelajar Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis deskriptifkorelasional. Variabel bebaspenelitian ini adalahminatbelajar (X1) danfasilitassekolah (X2) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalahhasilbelajar siswa (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X APK SMK PGRI 1 Turen yang berjumlah 37 siswa. Sampel menggunakan teknik sampeljenuh/Penelitianpopulasi. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan empat skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju kurang setuju dan tidak setuju. Jenis datanya adalah data interval. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesionerdandokumentasi. Dalam penelitian ini angket dibagikan kepada seluruh populasi pada tanggal 23Maret 2015. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa kelas X APK maupun hasilbelajarsiswa. Untuk uji kelayakandigunakan uji validitas dan reliabilitas yang diolah melalui program IBM SPSS 16 for Windows. Penelitian ini menggunakan beberapa model asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji multikolinearitas dan (3) Uji heteroskedastisitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi multikolinearitas ditunjukkan dengan nilai VIF 10 dan TOL 0 10. (3) Model regresi tidak heteroskedastisitas terlihat pada gambar scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Minatbelajar fasilitassekolahdanhasilbelajar semuanya termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Minatbelajarberpengaruh terhadaphasilbelajarsiswakelas X APK padamatapelajaranKorespondensi di SMK PGRITuren. (2) Fasilitassekolah berpengaruh terhadaphasilbelajarsiswakelas X APK padamatapelajaranKorespondensi di SMK PGRI Turen. (3) Minatbelajarsiswadanfasilitassekolahbersama-samamempengaruhihasilbelajarsiswapadamatapelajaranKorespondensikelas X APK SMK PGRI Turen. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi pihak sekolah sebaiknya melengkapiperalatan yang ada di dalamlaboratoriumsepertitelepon danmesinfax sertamemperbaikikomputer yang sudahrusak/tidakdapatdigunakangunamenunjangkegiatanpembelajaran.(2) Bagi guru diharapkan mempertahankanuntuktetapmeningkatkanminatbelajarsiswa agar hasilbelajar yang didapatkansiswatetapbaik. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian dengan variabel fasilitas sekolah sebaiknya memperluas indikator sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 pasal 1 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28976

Actions (login required)

View Item View Item