Pengembangan modul kearsipan berbasis masalah pada kompetensi dasar peraturan perundang-undangan kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Agustina Puji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kearsipan berbasis masalah pada kompetensi dasar peraturan perundang-undangan kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Agustina Puji Rahayu

Rahayu, Agustina Puji (2015) Pengembangan modul kearsipan berbasis masalah pada kompetensi dasar peraturan perundang-undangan kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Agustina Puji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Agustina Puji. 2015. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Masalah Pada Kompetensi Dasar Peraturan Perundang-Undangan Kearsipan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. M.M. Kata kunci modul berbasis masalah peraturan perundang-undangan kearsipan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini didasari oleh kurangnya bahan ajar yang terdapat di sekolah. Bahan ajar Kearsipan dengan kompetensi dasar peraturan perundang-undangan Kearsipan belum pernah dikembangkan sebelumnya. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan modul yang dikolaborasikan dengan model berbasis masalah diharapkan dapat membuat siswa menganalisis masalah berupa studi kasus lalu dengan mandiri maupun berkelompok memecahkan masalah tersebut dengan melihat berbagai sumber. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model 4-D oleh Thiangarajan S. Semmel D.S. dan Semmel M.I. tahun 1974 melalui empat langkah penelitian yaitu (1) tahap mendefinisikan (define) (2) tahap merancang (design) (3) tahap mengembangkan (develop) dan (4) tahap penyebarluasan (disseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen Jurusan Manajemen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul pembelajaran 2 orang guru kearsipan SMK Cendika Bangsa Kepanjen sebagai validator ahli materi dan 6 siswa kelas X jurusan ADP SMK Cendika Bangsa sebagai validator terbatas. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan berbasis masalah pada Kompetensi Dasar Peraturan Perundang-Undangan Kearsipan. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi tiga aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan bahasa (3) aspek kelayakan kegrafisan. Berdasarkan penilaian pada ketiga aspek tersebut diperoleh data bahwa modul tergolong valid. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan ditinjau dari perbedaan rata-rata nilai post test dikurangi nilai pre test kelas. Kelas kontrol rata-ratanya 24 00 dan kelas eksperimen rata-ratanya 40 3. Jumlah rata-rata hasil selisih antara kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 16 3. Demikian modul kearsipan ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dan pengembangan lebih lanjut disarankan untuk guru Kearsipan dapat memanfaatkan modul berbasis masalah ini sebagai alternative penunjang pembelajaran kearsipan pada Kompetensi Dasar Peraturan Perundang-Undangan Kearsipan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28975

Actions (login required)

View Item View Item