Penggunaan media audio visual dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar standar kompetensi mengoperasian aplikasi presentasi (studi pada siswa kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Kediri) / Tri Nurani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media audio visual dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar standar kompetensi mengoperasian aplikasi presentasi (studi pada siswa kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Kediri) / Tri Nurani

Nurani, Tri (2015) Penggunaan media audio visual dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar standar kompetensi mengoperasian aplikasi presentasi (studi pada siswa kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Kediri) / Tri Nurani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurani Tri. 2015. Penggunaan Media Audio Visual Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Standar KompetensiMengoperasikan Aplikasi Presentasi (Studi Pada Siswa Kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si. (2) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si Kata Kunci Media Audio Visual Metode Demonstrasi Keaktifan Hasil belajar. Penggunaan media dan metode pembelajaran sebagai variasi dalam kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh terhadap penguasaan materi dan hasil pembelajaran. Pemilihanmetode dan media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran dan siswa agar dapat meningkatkan kualitas belajar pada setiap mata pelajaran.Hasil observasi awal menunjukkan bahwa di kelas XI APK 3 SMKN 2 Kediri selama ini guru belum menggunakan media pembelajaran karena belum tersedia media yang tepat. Hal ini merupakan salah satu penyebab siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajarnya kurang maksimal. Penguasaan materi untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan media yang tepat sebagai penunjang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah a) Bagaimanakah penggunakan media audio visual dengan metode demonstrasi b) Apakah Penggunaan media audio visual dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa c) Apakah Penggunaan media audio visual dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa d) Adakah kendala-kendala dan solusi untuk mengatasi kendala dalam penggunaan media audio visual dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 2 kali tatap muka dan terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIAPK 3 di SMKN 2 Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis dan praktek yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus pedoman wawancara catatan lapangan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sesuai rumusan masalah 1) penggunaan media audio visual dengan metode Demonstrasi dilaksanakan dengan tepat sesuai dengan RPP yang telah dibuat (2) penggunaan media audio visual dengan metode Demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa (3) penggunaan media audio visual dengan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) kendala yang dihadapi pada penggunaan media audio visual dengan metode Demonstrasiyaitu a) ketika pengumpulan tugas situasi kelas menjadi kurang kondusif b) kurangnya fasilitas yang mendukung penggunaan media audio visual dengan metode demonstrasi terutama mengenai jumlah komputer c) Pembagian siswa menjadi 2 kelompok saat pelaksanaan latihan praktek maupun tes membuat ketarampilan siswa menjadi kurang maksimal d) Demonstrasi yang dilakukan siswa di depan kelas hanya terbatas sekitar 4-5 siswa tiap pertemuan. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian disarankan 1) bagi guru hendaknya mulai menggunakan media audio visual dengan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran karena dapat mengaktifkan siswa 2) bagi Kepala SMKN 2 Kediri hendaknya fasilitas di Lab. yang rusak untuk segera diperbaiki agar dapat dipergunakan ketika proses pembelajaran 3) bagi peneliti berikutnya hendaknya melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menggunakan media audio visual dengan metode demonstrasipada Standar Kompetensi yang sama ataupun mata pelajaran lain yang sesuai namun pada tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28972

Actions (login required)

View Item View Item