Pengembangan media pembelajaran kearsipan dengan menggunakan adobe flash CS3 profesional untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Surya Wirantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kearsipan dengan menggunakan adobe flash CS3 profesional untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Surya Wirantika

Wirantika, Surya (2015) Pengembangan media pembelajaran kearsipan dengan menggunakan adobe flash CS3 profesional untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Surya Wirantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wirantika Surya. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Dengan Menggunakan Adobe Flash CS3 Profesional untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief M.Si (2) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Adobe Flash CS3 Profesional Motivasi dan Hasil Belajar Media Pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. SMK Negeri 1 Pasuruan memiliki cukup fasilitas untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif yaitu sudah tersedia LCD dan Komputer dalam ruang kelas APK. Namun kenyataannya fasilitas tersebut kurang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan suasana belajar menjadi monoton dan membosankan sehingga siswa cenderung pasif dalam proses belajar mengajar. Untuk membantu guru dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan software Adobe Flash CS3 Profesional. Penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan dari Borg and Gall yang disesuaikan dengan keadaan lapangan keterbatasan waktu tenaga dan biaya yaitu dengan mengambil delapan langkah yang meliputi (1) pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji pelaksanaan lapangan (5) revisi produk 1 (6) uji coba lapangan terbatas (7) revisi produk 2 dan (8) produk akhir. Berdasarkan hasil validasi para ahli yaitu ahli materi dan ahli media diperoleh presentase sebesar 97 22 % dan 91 67 % dimana jumlah tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran valid/dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian pengembangan ini motivasi belajar siswa diukur menggunakan kuisioner dan diperoleh presentase sebesar 83 61 %. Persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil analisis ini diperkuat dengan hasil observasi pembelajaran yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sedangkan hasil dari Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 005 0 05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Kearsipan dengan kelas yang tidak menggunakan. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari nilai rata-rata kedua kelas. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 82 3 74 4. Dalam penggunaan media pembelajaran Kearsipan ini pengguna disarankan untuk memahami cara pengoperasian media pembelajaran Kearsipan ini terlebih dahulu sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28971

Actions (login required)

View Item View Item