Implementasi kurikulum 2013 pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Dian Tatim Mussolikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Dian Tatim Mussolikhah

Mussolikhah, Dian Tatim (2015) Implementasi kurikulum 2013 pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Dian Tatim Mussolikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mussolikhah Dian Tatim. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Progam Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika M. Si. MA. (II) Drs. I Nyoman Suputra M. Si Kata Kunci Implementasi Kurikulum 2013 ImplementasiKurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014. Kurikulum ini adalah pengembangan dari Kurikulum yang telah ada sebelumnya baik Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 maupun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada tahun 2006.Hanya saja yang menjadi titik tekan pada Kurikulum 2013 ini adalah adanya peningkatan keseimbangan soft skills dan hard skillsyang meliputiaspekkompetensisikap keterampilan danpengetahuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan bagaimanakah implementasi Kurikulum 2013 pada program keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 TurenKabupaten Malang. (2) untuk mendeskripsikan bagaimanakah pemahaman guru program keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 TurenKabupaten Malang berkaitan dengan penerapan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi Kurikulum 2013 pada program keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 TurenKabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 TurenKabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa human instrument yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehkesimpulansebagaiberikut.Pertama ImplementasiKurikulum 2013 pada Program KeahlianAdministrasiPerkantoran (APK) di SMK Negeri 1 Turensudahterlaksanadenganbaik namunbelumterlaksanasecaramaksimal halinidapatdilihatdaripelaksanaanpembelajaran di kelas yang belumdilakukansesuaidengan RPP yang dirancang. Kedua Pemahamanguru AdministrasiPerkantoranberkaitandenganpenerapanpembelajaranKurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Turensudahbaik. Guru mampumemahamiperubahanteknisdantujuanpengimplementasianKurikulum 2013. Ketiga FaktorpendukungImplementasiKurikulum 2013 para guru sudahmengertimengenaiKurikulum 2013 pedomanKurikulum 2013 (RPP Silabus Instrument Penilaian) sudahdisiapkanpemerintah sarana-prasarana yang memadai. FaktorpenghambatImplementasiKurikulum 2013 kurangnyakeaktifansiswa penilaianatauevaluasipembelajaran sumberbelajarmasihbelumada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28970

Actions (login required)

View Item View Item