Kondisi sarana dan prasarana sekolah dalam mendukung proses pembelajaran (studi pada Paket Keahlian Adm. Perkantoran di SMKN 1 Pasuruan) / Regar Sarah Dita - Repositori Universitas Negeri Malang

Kondisi sarana dan prasarana sekolah dalam mendukung proses pembelajaran (studi pada Paket Keahlian Adm. Perkantoran di SMKN 1 Pasuruan) / Regar Sarah Dita

Dita, Regar Sarah (2015) Kondisi sarana dan prasarana sekolah dalam mendukung proses pembelajaran (studi pada Paket Keahlian Adm. Perkantoran di SMKN 1 Pasuruan) / Regar Sarah Dita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dita Regar Sarah. 2015. Kondisi Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran. (Studi pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S. Sos M. Si (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S. Pd M.M. Kata Kunci Sarana dan Prasarana sarana pendidikan penunjang pembelajaran Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penentu prestasi belajar siswa. Sarana merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dan bahan untuk mencapai tujuan dari proses kegiatan. Prasarana merupakan segala sesuatu yang merupakan penunjang terselenggaranya kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sarana dan prasaran yang dimiliki oleh sekolah sebagai salah satu penunjang proses pembelajaran penghambat proses pembelajaran yang berkaitan dengan sarana dan prasarana sekolah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang dialami sekolah berkaitan dengan sarana dan prasarana sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pasuruan. Jenis Penelitian ini adalah survai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur wawancara semiterstuktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode interactive yang prosedurnya mencakup reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk tingkat keabsahan data menggunakan triangulasi teknik triangulasi sumber dan keajegan pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi sarana dan prasarana di SMK Negeri 1 Pasuruan sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah namun untuk kondisi sarana dan prasarana Paket Keahlian Administrasi Perkantoran masih belum memenuhi standar minimal sarana dan prasarana ruang praktik Paket Keahlian Administrasi Perkantoran yang telah ditetapkan pemerintah. Kendala yang dihadapi berkaitan dengan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran ialah dana sehingga sekolah untuk menambah jumlah sarana prasarana yang dibutuhkan sekolah berusaha untuk menghimpun dana dari pemerintah. Untuk mengatasi kendala tersebut sekolah menyiasati kekurangan prasarana yang dibutuhakn oleh siswa dan guru dengan menggunakan sistem rolling class dan moving class. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) sekolah hendaknya mengelola sarana dan prasarana pendidikan dengan memperhatikan peraturan dan petunjuk yang berlaku (2) Kepala Sekolah hendaknya melakukan pengelolaan sarana dan prasarana secara efektif (3) demi terciptanya kelancaran dalam kegiatan hendaknya Waka sarana dan prasarana banyak melakukan pengarahan dan pengawasan (4) guru diharapkan dapat mengajak siswa lebih aktif mencari sumber belajar (5) diharapkan pmerintah dapat melakukan pengawasan terhadap sekolah-sekolah secara berkala agar mengetahui kondisi sekolah khususnya dalam bidang sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28969

Actions (login required)

View Item View Item