Risty, Candra Tya (2015) Pengembangan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan aplikasi movie maker pada siswa kelas X Program keahlian administrasi perkantoran mata pelajaran Otomasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Banyuwangi / Candra Tya Risty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Risty Candra Tya. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Menggunakan Aplikasi Movie Maker pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si (2) Drs. H. Moh. Arief M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Media Audio Visual dan Aplikasi Movie Maker Pengembangan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan aplikasi movie maker merupakan media untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran Otomatisasi Perkantoran. Berdasarkan informasi dari guru Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini dikarenakan sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah. Selain itu pada materi tertentu yang mengharuskan pembelajaran dengan menggunakan sambungan internet guru dan siswa masih mengalami kendala. Pada kenyataannya sambungan internet yang ada di ruang laboratorium komputer belum memadai. Banyak siswa yang kebingungan jika guru memberi tugas untuk segera dikerjakan. Banyak siswa yang belum memahami materi yang disampaikan karena guru tidak bisa memberikan contoh langsung di depan kelas. Untuk lebih memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan membangun pemahaman siswa penelitian ini mengembangkan media pembelajaran audio visual yang menggunakan aplikasi movie maker pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Banyuwangi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define design develop dan disseminate. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dimana ahli materi menunjukkan bahwa persentase sebesar 90% dan ahli media menunjukkan bahwa persentase sebesar 93% dimana jumlah tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi pengolahan data arsip memiliki kriteria sangat baik/valid/layak digunakan. Hasil rata-rata kelas pada nilai siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran sebesar 81 7 diperoleh dari jumlah nilai keseluruhan pada kelas X APK 2 dan dibagi dengan jumlah siswa. Sedangkan jumlah rata-rata kelas setelah proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran hasilnya lebih tinggi yaitu sebesar 84 0 yang diperoleh pada kelas X APK 1 dan dibagi dengan jumlah siswa. Saran kepada guru dan siswa khususnya sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual ini sebaiknya dipersiapkan perangkat presentasi seperti LCD dan Proyektor serta pengeras suara jika diperlukan. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan seksama karena berpengaruh pada tampilan media yang ditayangkan. Perangkat presentasi yang baik dan memadai akan menghasilkan tampilan yang baik namun sebaliknya jika perangkat yang digunakan dalam kondisi tidak baik maka tampilan yang ditayangkan juga tidak baik dan akan menimbulkan dampak kesalahpahaman dalam mengartikan tampilan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |