Kerty, Panji Hamura (2015) Pengaruh motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat siswa untuk berwirausaha pada siswa kelas XII APK di SMK PGRI Turen / Panji Hamura Kerty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kerty Panji Hamura. 2015.Pengaruh Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan TerhadapMinat Siswa Untuk Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII APK di SMK PGRI Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Suharto SM. MPd MM. (II) Dr. Aniek Indrawati MM. Kata Kunci motivasi belajar hasil belajar minat berwirausaha. PendidikandalamupayameningkatkanSumberDayaManusia (SDM) yang handalsangatmempengaruhiarahkemajuannegara.Pendidikan yang dimaksudyaitupendidikankejuruan yang memilikiketrampilankerjauntukmembangunkehidupansendiri.Pendidikantingkatmenengah khususnyaSekolahMenengahKejuruan (SMK) memilikikarakter yang khususdalammenghasilkanlulusannyayaitululusan yang siapkerja. Dalam pendidikan motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar yang maksimal. Faktor-faktor motivasi berasal dari siswa sendiri (internal) seperti Keinginanuntukmencapaitujuantertentu keinginanuntukmelakukanaktivitasbelajar keinginanuntukmemperolehpemahamandalambelajar (eksternal) seperti hadiah persaingan mengetahuihasil hukuman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Kondisi motivasi belajar hasil belajar minat berwirausaha. (2) Pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap minat berwirausaha. (3) Pengaruh hasil belajar secara parsial terhadap minat berwirausaha. (4) Pengaruh motivasi belajar dan hasil belajar secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII APK SMK PGRI Turen Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis deskriptif korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Variabel bebaspenelitian ini adalahmotivasi belajar (X1) danhasil belajar (X2) sedangkan variabel terikat adalahminat berwirausaha (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII APK SMK PGRI Turen yang berjumlah 72 siswa.Jenis datanya adalah data interval. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Untuk uji kelayakaninstrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas yang diolah melalui program IBM SPSS 16 for Windows. Penelitian ini menggunakan beberapa model asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji multikolinearitas dan (3) Uji heteroskedastisitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha. (2) hasil belajartidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha (3) Motivasi belajar dan hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1)Dalampenelitianinipihaksekolahsebaiknyalebihmembekalisiswatentangpraktek-praktekkewirausahaan agar dapatmenumbuhkanminatberwirausahasiswadanmengarahkansiswauntukberwirausaha. (2)Bagi orang tuasebaiknyamemotivasianaknyasepertimemberidukungan nasehatuntukberwirausahadikarenakanlapanganpekerjaan di bidangperkantorantidakseluruhnyadapatmenyeraptenagakerja.(3) Diharapkansiswatidakhanyafokuskeduniaperkantorantetapijugasiswaharusmempersiapkankompetensi lain agar ketika lulus memilikibekaluntukmemasukiduniakerja(4) peneliti selanjutnyayang tertarik untuk melakukan penelitian denganvariabelminatberwirausaha sebaiknyamemperluasindikator yang dapatmempengaruhiminatberwirausahasertamenambahkaninstrumenpenelitianwawancaradankuesionerterbuka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |