Pribadi, Puspita Jenar Ayu Wijayanti (2015) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas X Program APK SMKN 1 Lumajang) / Puspita Jenar Ayu Wijayanti Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pribadi Puspita Jenar A.W. 2015 . Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kearsipan kelas X Program APK SMKN 1 Lumajang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. MM (II) Drs. Sarbini. Kata Kunci think pair share (tps) pembelajaran kooperatif aktivitas hasil belajar. Dewasa ini banyak kita temukan guru yang tidak variatif dalam kegiatan belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah saja dan hasilnya adalah siswa menjadi enggan untuk memperhatikan apa yang sedang dijelaskan oleh guru karena jika dia hanya mendengarkan saja maka lama kelamaan dia akan merasa bosan hal ini sangat manusiawi dan sebagai implikasi dari hal tersebut adalah nilai siswa yang jauh dibawah angka ketuntasan minimal. Rata-rata nilai siswa adalah 72 5 dengan standar ketuntasan minimalnya adalah 80. Dan dari 40 siswa terdapat 21 siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah 80.Guru mata pelajaran mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena siswa jarang mencatat saat pelajaran berlangsung siswa juga kurang memperhatikan penjelasan guru dan siswa tidak mau bertanya tentang kesulitannya dalam mata pelajaran kearsipan Penelitian ini adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dikelas dengan menggunakan metode TPS (Think pair share). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK atau Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini di desain untuk meneliti tentang penerapan model pembelajaran TPS (think pair share) dalam mata pelajaran Kearsipan di SMKN 1 Lumajang kelas X program keahlian APK. Jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi Wawancara Tes Catatan lapangan Dokumentasi. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 12 februari 2015 dan pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2015. Tahap pelakasanaan pada siklus 2 ini dilaksanakan pada hari jumat tanggal 20 februari 2015 ( 07.00 09.00 ) dan hari kamis 26 Februari 2015. Hasil penilaian ranah kognitif pada nilai awal siswa siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan yang cukup baik dimana ada 47 37% peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa pada sebelum dilaksanakan model pembelajaran ini dibandingkan dengan ketuntasan belajar pada siklus 1 sedangkan ada peningkatan prosentase ketuntasan belajar sebanyak 5 13% pada perbandingan antara hasil post test siklus 1 dan siklus 2. Penilaian ranah afektif siswa juga mengalami sedikit peningkatan pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu sebesar 1 66%. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus 2 juga mengalami peningkatan sebanyak 13 89% menurut observer 1 dan peningkatan sebanyak 13 89% juga menurut observer 2. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah diuraikan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan sebagai berikut penerapan model pembelajaran kooperatif Think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 1 Lumajang dan penerapan model pembelajaran kooperatif Think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SMKN 1 Lumajang. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dikemukakan saran sebagai berikut (1) bagi guru mata pelajaran Kearsipan dan guru mata pelajaran lainnya diharapkan dalam proses pembelajaran di kelas tidak hanya menerapkan model ceramah tetapi juga dapat menerapkan model pembelajaran seperti kooperatif Think pair share (TPS) dalam rangka untuk lebih meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa. (2) siswa diharapkan dapat lebih ikut berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran IPS menjadi interaktif dan dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa. (3) bagi penulis selanjutnya lebih memperhatikan efisiensi waktu dalam pembelajaran sehingga setiap penerapan model pembelajaran kooperatif Think pair share (TPS) dapat terlaksana dengan alokasi waktu yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |