Pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 2 Malang) / Siti Zahrotul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 2 Malang) / Siti Zahrotul Jannah

Jannah, Siti Zahrotul (2015) Pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 2 Malang) / Siti Zahrotul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah Siti Zahrotul. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Disipllin Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M (2) Drs. Sarbini Kata Kunci lingkungan keluarga disiplin belajar disekolah prestasi belajar. Lingkungan Keluarga adalah segala kondisi dan pengaruh dari luar terhadap kehidupan dan perkembangan anggota keluarga antara lain cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah keadaan ekonomi keluarga pengertian orang tua latar belakang kebudayaan. Untuk mencapai prestasi yang baik banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut adalah faktor kecerdasan bakat-minat perhatian motif cara belajar dan sekolah. Selain itu masih terdapat faktor penghambat prestasi belajar yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) lingkungan keluarga (2) disiplin belajar disekolah (3) prestasi belajar siswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan subjek penelitian sebanyak 69 yang diambil dengan teknik probability sampling. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui gambaran lingkungan keluarga disiplin belajar di sekolah dan prestasi belajar siswa (2) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa (3) mengetahui pengaruh disiplin belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian kondisi yang ada di ungkapkan atau di gambarkan secara apa adanya sehingga dapat diperoleh fakta tentang suatu keadaan yang terjadi saat ini. Sehingga jenis penelitiannya adalah deskriptif korelasional. Metode deskriptif digunakan untuk memaparkan menganalisis dan menafsirkan data variabel lingkungan keluarga dan disiplin belajar disekolah. Sedangkan yang dikategorikan kedalam korelasional adalah prestasi belajar karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel-variabel yang diamati mempunyai hubungan tertentu seperti yang diduga secara teoritis. Dengan demikian dalam penelitian ini rancangan penelitian deskriptif korelasional digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh variabel yaitu lingkungan keluarga dan disiplin belajar di sekolah terhadap variabel bebas yaitu prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian isnis dan manajemen PGRI 2 Malang. Metode yang digunakan peneliti adalah metode angket dan dokumentasi. Data lingkungan keluarga diperoleh dengan frekuensi yaitu sebesar 0 atau 0% yang menjawab tidak pernah frekuensi sebesar 0 atau 0% yang menjawab kadang-kadang frekuensi sebesar 28 atau 41% yang menjawab sering dan frekuensi sebesar 41 atau 59%yang menjawab selalu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI 2 Malang paling tinggi pada persentase 59% yang menjawab selalu. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh lingkungan keluarga dan displin belajar terhadap prestasi belajar. Data disiplin belajar disekolah diperoleh dengan frekuensi sebesar 4 atau 6% yang menjawab yang menjawab kadang-kadang frekuensi sebesar 60 atau 87% yang menjawab sering dan frekuensi sebesar 5 atau 7% yyang menjawab selalu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar disekolah kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI 2 Malang paling tinggi pada persentase 87% yang menjawab sering. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh disiplin belajar di sekolah dan displin belajar terhadap prestasi belajar. Semakin tinggi tingkat lingkungan keluarga dan disiplin belajar disekolah semakin tinggi pula prestasi belajar siswa tersebut. Hasil analisis pada uji normalitas menunjukkan bahwa terlihat titik-titik menyebar disekitar garis diagonal serta penyebarannya telah mengikuti arah garis diagonal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi ini memenuhi asumsi normalitas dan layak dipakai. Hasil analisis uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak ada pola yang jelas serta titik-titik menyebar di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y maka tidak terjadi heteroskedastisitas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas dan model regresi layak dipakai untuk penelitian. Hasil analisisuji multikolinearitas bahwa antara variabel bebas tidak ditemukan adanya multikolinearitas sehingga model regresi ini layak dipakai untuk penelitian. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil nilai konstan sebesar 61 961 sedangkan nilai untuk variabel X1 lingkungan keluarga sebesar 0 180 dan untuk variabel X2 disiplin belajar disekolah sebesar 0 194 sehingga apabila dimasukkan dalam fungsi asli regresi secara keseluruhan. Hasil uji t diketahui bahwa nilai signifikansi (0 000) alpha ( 61537 ) pada taraf signifikansi 5% (0 05). Dalam rumusan hipotesis Ha berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI 2 Malang dapat diterima dengan koefisien 61538 1 61625 0. Sedangkan Ho tidak terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI 2 Malang dengan koefisien 61538 1 0. hasil analisis regresi linier berganda pada tabel 4.5 di atas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi (0 001) alpha ( 61537 ) pada taraf signifikansi 5% (0 05). Dalam rumusan hipotesis Ha berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar disekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI 2 Malang dapat diterima dengan koefisien 61538 1 61625 0. Sedangkan Ho tidak terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar disekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI 2 Malang dengan koefisien 61538 1 0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28964

Actions (login required)

View Item View Item