Marsono, Ramadita Adi (2015) Pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ramadita Adi Marsono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Marsono R. A. 2015. PengaruhMotivasidanLingkunganBelajarTerhadapHasilBelajarSiswaKelas X PadaMata PelajaranPrakaryadanKewirausahaandi SMK Muhammadiyah 3 Singosari.Skripsi.JurusanManajemen Program Studi S1 PendidikanAdministrasiPerkantoran FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. AgungWinarno M.M. (II) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci MotivasiBelajar LingkunganBelajar danHasilBelajar. Motivasidanlingkunganbelajarmerupakansalahsatufaktorkeberhasilansiswadalammenentukanhasilbelajar.Berdasarkanteori motivasi yang tinggidanpositifakanberpengaruhbaikterhadaphasilbelajarsiswa. Begitu pula semakinbaiklingkungan yang dimilikisiswamakaakanmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Penelitianinibertujuanuntukmenguji (1) PengaruhMotivasiBelajarterhadapHasilBelajarsiswakelas X padamatapelajaranPrakaryadanKewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari.(2) PengaruhLingkunganBelajarterhadapHasilBelajarsiswakelas X padamatapelajaranPrakaryadanKewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas X dengansampelberjumlah 47 siswa. Teknik sampling menggunakanteknikProportional random sampling.Teknikpengumpulan data menggunakanangket/kuesionerdandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakanteknikanalisisdeskriptif ujiasumsiklasik analisisregresiberganda danuji t. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) Motivasibelajarsiswadinilaipadakriteriatinggi.Hal inimenunjukkanbahwasiswatelahmemilikicita-citaatauaspirasi kemampuan yang memadai kondisijiwa yang sehat sertaunsur-unsurdinamisdalambelajardanpembelajaran. (2) Lingkunganbelajarsiswadinilaipadakriteriabaik. Hal inimenunjukkanbahwasiswatelahmendapatkandukungandarilingkunganbelajar yang baikdankondusif yang meliputilingkungankeluarga sekolahmaupunmasyarakat. (3) Hasilbelajarsiswadinilaipadakriteriacukupbaikdanmemenuhi KKM yang telahditentukansekolah. Hal inimenunjukkanbahwaseluruhsiswatelahdinyatakanberhasildalammengikuti proses belajarmengajar. (4) Motivasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswa. Motivasisangatberpengaruhterhadapketahanandanketekunanbelajarsiswa. (5) Lingkunganbelajarberpengaruhdanpositifsignifikanterhadaphasilbelajarsiswa. Semuakondisi yang adadalamlingkunganbelajarsiswadapatmemberidampakbaikataupunburukbergantungseberapabesarlingkungandapatmempengaruhikeberhasilansiswadalambelajar. Disarankan(1) siswadapatterusmeningkatkanmotivasi yang telahdimilikidanbisamemilihlingkungan yang dapatmendukunguntukmencapaihasilbelajar yang maksimal. (2) setiap guru agar senantiasamendorongsiswa-siswinyasupayaterusmeningkatkanmotivasinyauntukbelajardansenantiasamemberiarahan yang baikkepadasiswa-siswinyauntuktetapmenjagalingkunganbelajarnya agar tetapnyamandankondusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |