Pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen / Maya Febriainul Yusraningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen / Maya Febriainul Yusraningtyas

Yusraningtyas, Maya Febriainul (2015) Pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen / Maya Febriainul Yusraningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusraningtyas Maya Febriainul. Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M. (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M. Kata Kunci self-regulated learning hasil belajar SMK Negeri 1 Turen Dalam kurikulum 2013 peserta didik dituntut untuk lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Mereka diharapkan mampu mengatur proses belajarnya secara mandiri atau disebut dengan self-regulated learning. Self-regulated learning terdiri dari tiga aspek yaitu metakognisi motivasi dan perilaku belajar. Siswa dengan self-regulated learning yang baik maka siswa tersebut telah mengatur proses belajarnya sendiri baik dalam hal metakognisi motivasi maupun perilaku belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self-regulated learning aspek metakognisi motivasi dan perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Negeri 1 Turen. Penelitian ini tergolong dalam penelitian dekriptif korelasional dengan jumlah populasi sebanyak 106 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 78 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial serta analisis regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS statistic for windows dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh secara positif dan signifikan self-regulated learning aspek metakognisi terhadap hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Negeri Turen 2) ada pengaruh secara positif dan signifikan self-regulated learning aspek motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Negeri Turen 3) ada pengaruh secara positif dan signifikan self-regulated learning aspek perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Negeri Turen 4) ada pengaruh secara positif dan signifikan self-regulated learning aspek metakognisi motivasi dan perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Negeri Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item