Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI Turen / Muhammad Fariz Najib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI Turen / Muhammad Fariz Najib

Najib, Muhammad Fariz (2015) Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK PGRI Turen / Muhammad Fariz Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Najib Muhammad Fariz. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.M. (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Lingkungan Belajar Disiplin Belajar Hasil Belajar Siswa. Pendidikan nasional memiliki peranan yang penting untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu pendidikan hendaknya dikelola dengan optimal agar memperoleh hasil yang maksimal. Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Lingkungan belajar dan disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhihasil belajar siswa. Lingkungan yang baik dan positif akan berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa. Begitu juga dengandisiplin belajar semakin tinggi dan positif disiplin belajar yang dimiliki siswa maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi lingkungan belajar disiplin belajar danhasil belajar siswa kelas Xbidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen. (2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas Xbidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen. (3) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas Xbidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah lingkungan belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turentahun ajaran 2014/2015 sebanyak 62 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis proportional random sampling.Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan Kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen memiliki rata-rata nilai kognitif afektif dan psikomotorik yang baik. Hasil belajar yang baik dikarenakan siswa memiiliki lingkungan belajar yang baik dan disiplin belajar yang tinggi. (2) Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen di SMK PGRI Turen. (3) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen di SMK PGRI Turen. Berdasarkan uraian diatas peneliti menyarankan (1) siswa diharapkan lebih mampu memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk melakukan kegiatan yang positif seperti membaca buku pelajaran mengerjakan tugas dan lain-lain (2) pihak sekolah diharapkan lebih memperhatikan dan melakukan kontrol sarana dan prasarana belajar yang ada di sekolah secara berkala (3) peran orang tua tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan materi sekolah kepada anak tetapi harus bisa mengontrol dan memperhatikan anaknya agar waktu anak dapat digunakan untuk belajar secara efektif dan efisien (4) untuk peneliti lain yang tertarik dengan penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28958

Actions (login required)

View Item View Item