Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran menangani surat dokumen kantor kelas X AP 2 SMK Negeri 2 Blitar) / Niken Yuliansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran menangani surat dokumen kantor kelas X AP 2 SMK Negeri 2 Blitar) / Niken Yuliansari

Yuliansari, Niken (2015) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran menangani surat dokumen kantor kelas X AP 2 SMK Negeri 2 Blitar) / Niken Yuliansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ASBTRAK Yuliansari Niken. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Menangani Surat Dokumen Kantor Siswa Kelas X AP 2 SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Suharto SM. M.M. M.Pd (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M Kata kunci Talking Stick Motivasi Belajar Hasil Belajar. Pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Blitar selama ini masih berpusat pada guru. Hal itu dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 di SMK Negeri 2 Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi tersebut dapat dilihat melalui rata-rata pada siklus I sebesar 75 1% ke siklus II menjadi 90 8%. Hasil belajar aspek kognitif meningkat dari rata-rata posttest siklus I mencapai 58 5% ke siklus II sebesar 86 1%. Hasil belajar siswa aspek psikomotorik meningkat dari siklus I rata-rata mencapai 80 2 ke siklus II mencapai 82 9. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran Menangani Surat Dokumen Kantor kelas X AP 2 di SMK Negeri 2 Blitar sudah sangat baik (2) Penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Menangani Surat Dokumen Kantor kelas X AP 2 di SMK Negeri 2 Blitar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (3) Penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Menangani Surat Dokumen Kantor kelas X AP 2 di SMK Negeri 2 Blitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Guru menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang sesuai dengan materi salah satunya adalah model pembelajaran Talking Stick karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Siswa hendaknya lebih menghargai kelompok lain saat berdiskusi maupun presentasi dan lebih mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas supaya siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran yang sesuai. ABSTRACT Yuliansari Niken. 2015. The Implementation of Talking Stick Learning Model to Enhance Learning Motivation and Learning Outcome on the subject of Handling Office Documents (A Study on the Tenth Grade Students of AP 2 SMK Negeri 2 Blitar). Study Program of Office Administration Education Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Advisors (1) Dr. H. Suharto SM. M.M. M.Pd (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M Keywords Talking Stick Learning Motivation Learning Outcome The applied learning at SMK Negeri 2 Blitar is still using teacher-centered. It may cause passiveness for the students and less independent in learning. Hence there is the need for a learning renewal to change the paradigm such as the implementation of Talking Stick learning model to enhance students motivation and learning outcomes. This study is a classroom action research. The implementation of action research was conducted through two cycles in which each cycle consists of four phases (1) planning (2) implementation (3) observation and (4) reflection. Subjects in this study were the tenth grade students of APK 2 at SMK Negeri 2 Blitar. The results of this study indicate that the implementation of Talking Stick can enhance motivation and student learning outcomes. Increased motivation can be seen through the average score in the first cycle that was 75.1% and 90.8% for the second cycle. The cognitive aspect of learning outcomes is increased from an average posttest in first cycle that was 58.5% and 86.1% for the second cycle. The student learning outcome for psychomotor aspects is increased for the first cycle and reached an average of 80.2 and 82.9 for the second cycle. Based on these results it can be concluded that (1) the implementation of Talking Stick learning model on Handling Office Document Subject for the tenth grade students of APK 2 at SMK Negeri 2 Blitar is very good (2) the implementation of Talking Stick learning model on Handling Office Document Subject for the tenth grade students of APK 2 at SMK Negeri 2 Blitar can increase students motivation and (3) Talking Stick learning model on Handling Office Document Subject for the tenth grade students of APK 2 at SMK Negeri 2 Blitar can improve student learning outcomes. Based on the research finding from this study the researcher suggests that (1) the subject teachers should use a variety of learning model which is in accordance with the material such as Talking Stick learning model because the result of this study shown that the implementation of Talking Stick learning model can enhance the students learning outcome (2) the students should more appreciate other groups while discussion and presentation as well as having better preparation prior to the learning conducted in the classroom in order to be able to follow the learning activity well lastly (3) the future researchers are expected to be able to conduct further studies to develop and implement Talking Stick learning model in appropriate subjects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28957

Actions (login required)

View Item View Item