Pengembangan modul kearsipan dengan metode demonstrasi pada kompetensi dasar mengidentifikasi alat dan bahan kearsipan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK PGRI 1 Tulungagung) / Rika Shofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kearsipan dengan metode demonstrasi pada kompetensi dasar mengidentifikasi alat dan bahan kearsipan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK PGRI 1 Tulungagung) / Rika Shofiana

Shofiana, Rika (2015) Pengembangan modul kearsipan dengan metode demonstrasi pada kompetensi dasar mengidentifikasi alat dan bahan kearsipan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK PGRI 1 Tulungagung) / Rika Shofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofiana Rika. 2015. Pengembangan modul Kearsipan dengan Metode Demonstrasi pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Alat dan Bahan Kearsipan (Studi Pada Siswa Kelas X APK 2 SMK PGRI 1 Tulungagung). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Handri Dian Wahyudi S.E. S.Pd. M.Sc. Kata Kunci Modul Metode Demonstrasi Mengidentifikasi Alat dan Bahan Kearsipan. Penelitian Pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Kearsipan. Bahan ajar Kearsipan yang mengembangkan kemampuan proses berpikir siswa belum dikembangkan sebelumnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Kearsipan masih terbatas keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya keaktifan siswa adalah kurangnya bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik bagi siswa. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan metode demonstrasi diharapkan dapat membuat siswa dapat lebih memahami materi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul pembelajaran Kearsipan dengan metode demonstrasi pada kompetensi dasar mengidentifikasi alat dan bahan kearsipan siswa kelas X SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model ADDIE dengan 5 tahap penelitian yaitu analisis (analysis) desain (design) pengembangan (develop) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Validasi dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Kearsipan SMK PGRI 1 Tulungagung sebagai validaor ahli materi dan 30 siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 1 Tulungagung sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan pada materi alat dan bahan kearsipan dengan menggunakan metode demonstrasi. Kompetensi dasar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi alat dan bahan kearsipan dan 2) mempersiapkan alat dan bahan kearsipan. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori valid dengan hasil persentase rata-rata uji validasi 85%. Saran pemanfaatan bagi guru mata pelajaran Kearsipan disarankan untuk memanfaatkan modul ini disertai dengan penerapan metode demonstrasi sebagai alternatif penunjang pembelajaran pada materi alat dan bahan kearsipan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28956

Actions (login required)

View Item View Item