Hadi, Mimmawati (2015) Pengaruh kreativitas guru dan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (studi pada soiswa kelas X APK SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Mimmawati Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hadi Mimmawati. 2015. Pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang).Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si (II) Dr. Agus Hermawan M.Si. GradDipMgt. MBus. Kata kunci kreativitas guru fasilitas sekolah motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kreativitas guru fasilitas sekolah dan motivasi belajar siswa. (2) Pengaruh kreativitas guru secara parsial terhadap motivasi belajar siswa. (3) Pengaruh fasilitas sekolah secara parsial terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis regresi. Variabel bebas penelitian ini adalah kreativitas guru (X1) dan fasilitas sekolah (X2) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah motivasi belajar siswa (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 106 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 84 siswa. Ukuran sampel yang digunakan ialah rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling.Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju dengan skor 5 setuju dengan skor 4 cukup setuju dengan skor 3 tidak setuju dengan skor 2 dan sangat tidak setuju dengan skor 1. Untuk mempermudah peneliti memberi gambaran tentang variabel maka distribusi frekuensi yang menyatakan sangat setuju menjadi sangat baik setuju menjadi baik cukup setuju menjadi cukup baik kurang setuju menjadi kurang baik dan sangat tidak setuju menjadi sangat tidak baik.Jenis datanya adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini angket dibagikan kepada seluruh populasi pada tanggal 9 Desember 2014 setelah siswa melaksanakan UAS. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa kelas X APK maupun gambaran umum sekolah. Sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai fasilitas sekolah. Untuk uji kelayakandigunakan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan beberapa model asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji multikolinearitas dan (3) Uji heteroskedastisitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresi tidak terjadi multikolinearitas ditunjukkan dengan nilai VIF 10 dan TOL 0 10. (3) Model regresi tidak heteroskedastisitas terlihat pada gambar scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kreativitas guru fasilitas sekolah dan motivasi belajar siswa semuanya termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar siswa. (2) Fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi pihak sekolah sebaiknya menambah jumlah komputer di laboratorium agar siswa tidak bergantian saat pemakaian serta segera menyelesaikan penataan perpustakaan. (2) Bagi guru diharapkan lebih tegas dan menggunakan volume suara yang lebih keras serta menggunakan metode belajar yang lebih variatif agar kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian dengan variabel fasilitas sekolah sebaiknya memperluas indikator sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 pasal 1 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |