Implementasi strategi pembelaharan kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada standar kompetensi dasar menjelaskan Komunikasi Kantor kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Ayu Setya - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi strategi pembelaharan kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada standar kompetensi dasar menjelaskan Komunikasi Kantor kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Ayu Setya

Setya, Putri Ayu (2015) Implementasi strategi pembelaharan kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada standar kompetensi dasar menjelaskan Komunikasi Kantor kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Putri Ayu Setya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setya Putri Ayu. 2014. Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar (Studi Pada Standar Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarbini (II) Dr. Wahju Wibowo Amd. S.E. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Aktifitas Hasil Belajar Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Standar Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran diketahui bahwa 75% guru menyampaikan masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya sebagai penerima informasi saja. Peneliti mendapat informasi bahwa selama ini metode yang sering digunakan oleh guru adalah ceramah tanya jawab dan penugasan. Siswa hanya mendengar dan mencatat bagian mata pelajaran yang dianggap penting saja jarang adanya timbal balik antara siswa dan guru sehingga pembelajaran yang diterapkan masih cenderung terpusat pada guru. Oleh karena itu dengan melihat permasalahan yang dialami tersebut perlu dilakukan proses belajar mengajar suatu model pembelajaran di kelas yang dimaksud adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X APK SMK Muhammadyah 2 Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2009 246-253). Tujuan dilakukan penelitian dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Standar Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran adalah Peneliti ingin adanya peningkatan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray yang dilakukan pada mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadyah 2 Malang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sikus I ke siklus II dilihat dari aspek kognitif yaitu pada siklus I prosentase berdasarkan post test I dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif adalah sebesar 81 6%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar pada siklus II berdasarkan post test II dapat diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu menjadi 86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28953

Actions (login required)

View Item View Item